Puluhan prajurit TNI dari Yonzipur 2/SG dan Yonif Raider 142/Kesatria jaya (KJ) menjalani  rapid tes sebelum terjun ke lokasi  TMMD  di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi.

"Para prajurit menjalani rapid test antigen terlebih dahulu di dua lokasi berbeda sebelum mereka turjun ke lokaksi TMMD nantinya," kata Komandan Kodim 0415/Batanghari, Kolonel Inf J Hadiyanto, di Jambi Senin.

Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-110 Kodim 0415/Batanghari di Desa Sungaiterap, Kecamatan Kumpeh Ulu dan Desa Mekarjaya Kecamatan Sungaigelam.

Menurut Kolonel Inf J Hadiyanto, pelaksanaan rapid test untuk personel dari Yonzipur 2/SG akan berlangsung di RS DKT Bratanata Jambi, sedangkan untuk personel Yonif Raider 142/Kesatria Jaya (KJ) dilaksanakan di Markad Yonif Kasang Jambi.

Kegiatan ini dilakukan demi keamanan dan kelancaran selama pelaksanaan TMMD di dalam situasi pandemi , karena itu protokoler kesehatan tetap diutamakan.

Para prajurit TNI tersebut selain melaksanakan kegiatan TMMD, mereka juga akan berbaur dengan masyarakat setempat dimana nantinya mereka akan tidur di rumah masyarakat bersama orang tua asuhnya masing-masing. Mereka berbaur dan berinteraksi langsung dengan masyarakat disana.

Sementara itu Pasiter Kodim 0415/Batanghari, Mayor Inf Beni, menambahkan nantinya seluruh prajurit yang akan bergabung di dua lokasi TMMD,

"Untuk tes rapid antigen, personel Yonzipur 2/SG bertempat di RS DKT Jambi ada sebanyak 10 orang, sedangkan Yonif Raider 142/KJ ada 83 personel prajurit jalani tes di Batalyon," kata Mayor Inf Beni

Dokter Batalyon Raider 142/Kesatria Jaya, dr Diggivio Indrianto, menjelaskan pemeriksaan kesehatan sebelum para prajurit melaksanakan TMMD.

Dia menambahkan, pihaknya dibantu dari tenaga kesehatan sebanyak dua orang yakni dari Dinkes Jambi dan dari Batalyon 142/KJ empat orang.

Bila nantinya, ada prajurit yang positif atau reaktif maka akan digantikan dengan prajurit lainnya, katanya.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021