Taspen dan BRI Cabang Jambi berkolaborasi memberikan pembekalan serta menyodorkan sejumlah peluang kepada sejumlah PNS di daerah itu yang akan memasuki masa pensiun agar bisa mengelola gaji pensiunnya secara efektif dan juga produktif.

"Kami lakukan sosialisasi kepada PNS yang akan memasuki masa purna tugas agar dapat menggunakan dana pensiun secara produktif, tidak secara konsumtif," kata Kepala Cabang PT Taspen Jambi N Ratna Kusbandiah di Jambi, Rabu. 

Sosialisasi tersebut dilakukan bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Jambi terhadap PNS Pemerintah Provinsi Jambi yang memasuki masa pensiun di tahun 2021. Tidak hanya memberikan sosialisasi terkait dana pensiun, PNS turut mendapatkan informasi dan saran terkait dengan pengembangan usaha yang dapat dilakukan setelah memasuki babak baru purna tugas. 

Menurut Ratna, insan abdi negara yang  memasuki masa pensiun dapat menggunakan dana pensiun untuk membuka usaha.

BRI yang merupakan mitra bayar dari PT Taspen turut memberikan sosialisasi terkait dengan layanan permodalan yang dapat dimanfaatkan oleh pensiunan untuk mengembangkan usaha yang akan digeluti. Sehingga PNS dapat merealisasikan usaha yang disiapkan tanpa terkendala dengan modal usaha. 

"Kita selaku mitra bayar dari PT Taspen turut memberikan sosialisasi terkait dengan fasilitas yang disediakan BRI kepada pensiunan termasuk pembiayaan-pembiayaan yang bisa diakses untuk menambah modal usaha produktif setelah pensiun," kata Pimpinan Cabang BRI Jambi Marolop Six Mayer Sinaga. 

Dijelaskan Ratna Kusbandiah, ada sepuluh mitra bayar PT Taspen Cabang Jambi, diantaranya BRI, BPD Jambi, Bank Mandiri Taspen, PT POS, Bank PTPN, BSM, BNI, BTN, serta Bank Mandiri Syariah dan BNI Syariah yang telah bergabung menjadi Bank Syariah Indonesia.

"Meski bank syariah Himbara telah dilebur menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) namun untuk mitra bayar Taspen bank syariah tersebut masih dilakukan di kantor yang biasa digunakan untuk pencairan pensiunan," kata N Ratna Kusbandiah. 

Ia menyebutkan, 35.000-an pensiunan yang dilayani PT Taspen Cabang Jambi, sekitar 12.000an pensiunan menggunakan jasa BRI dalam proses pembayarannya

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021