Pemerintah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi mendapat bantuan alat berat jenis eskavator untuk mendukung program replanting kelapa sawit di daerah itu.

"Masih dalam proses, Merangin akan mendapatkan bantuan satu unit ekskavator. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah dikirim ke Kabupaten Merangin, untuk kelancaran program replanting sawit," kata Bupati Merangin H Al Haris didampingi Kepala Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Merangin Kaprawi di Bangko Kabupaten Merangin, Kamis.

Kabupaten Merangin Provinsi Jambi menjadi daerah yang mendapat alokasi terbanyak untuk program replanting kelapa sawit dari pemerintah pusat.

Tidak hanya itu, kata dia Kabupaten Merangin juga menjadi yang terbaik untuk proses tertib administrasinya.

"Alhamdulillah dari tahun ke tahun Program Replanting Pemerintah Pusat yang kita terima terus bertambah. Ini sangat membantu sekali para petani sawit kita, mengingat sudah banyak lahan sawit di Merangin yang sudah saatnya direplanting," ujar Bupati.

Dijelaskan bupati, pada program replanting 2018 Kabupaten Merangin mendapatkan sebanyak 550 hektare. Pada tahun berikutnya 2019 bertambah mendapatkan sebanyak 1.108 hektare dan pada 2020 bertambah lagi mendapatkan sebanyak 2.206 hektare.

Atas keberhasilan Kabupaten Merangin melaksanakan program replanting sawit pemerintah pusat itu, lanjut bupati, sudah banyak pemerintah kabupaten dari provinsi lain yang melakukan studi banding ke Kabupaten Merangin.

"Kita sudah didatangi tim dari Dinas Perkebunan Pemkab Labuhan Batu Utara Provinsi Sumatera Utara, Pemkab Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan dan Pemkab Solok Provinsi Sumatera Barat, untuk studi banding," kata Bupati.

Selain itu bupati mengaku  berterima kasih kepada  Pemerintah pusat, karena selain mendapatkan banyak Program Replanting Sawit, juga banyak mendapatkan bantuan peralatan pertanian.

 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021