Pemeritah Kota Jambi akan menyiagakan fasilitas kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit di daerah itu untuk menangani warga yang terdampak asap karhutla sebagai bentuk antisipasi dan mitigasi bencana di musim kemarau itu.

Hal itu disampaikan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha usai pelaksanaan Apel Siaga Bencana di Mako Damkar Kota Jambi, Selasa.

"Kota Jambi akan siapkan puskesmas dan rumah sakit yang ada  untuk bisa menerima pasien terdampak kabut asap,  seperti di puskesmas  disiapkan oksigen konsentrat dan ventialor yang telah disiapkan termasuk ruangan untuk para pasieni yang terkena sakit  saluran pernapasan atas (Ispa) nantinya," kata Syarif Fasha.

Kegiatan apel siaga bencana ini adalah merupakan mitigasi  bentuk upaya pencegahan bila terjadi bencana, yang mana ada dua fokus yakni karhutla dan banjir. Khusus bencana banjir adalah luapan Sungai Batanghari yang kerap muncup pada setiap puncak musim penghujan.

Untuk wilayah Kota Jambi tidak ada hutan tetapi biasanya akibat karhutla dari kabupaten kabupaten sekitar kota maka kabut asapnya bisa mengganggu warga Kota Jambi yang ikut terdampak.

Seperti kejadian tahun sebelumnya dimana kabut asap pekat yang menimpa Kota Jambi, dan banyak  warga Kota yang terkena dampaknya, maka dari itu Pemerintah Kota Jambi sedang mempersiapkan faslitas kesehatan bagi mereka yang terkena dampak  bencana kabut asap itu.







 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021