PT Angkasa Pura II melaksanakan latihan simulasi "Table Top Exercise" di Bandara Sultan Thaha Jambi yang bertujuan untuk melatih fungsi komando, kendali, koordinasi dan komunikasi di Bandara jika terjadi keadaan darurat. 

"Melalui latihan ini diharapkan semua pihak senantiasa siap dalam mengantisipasi keadaan darurat sebagai langkah nyata dalam mewujudkan prinsip safety, security, services, dan compliance dalam melayani pengguna jasa transportasi udara di Bandara Sultan Thaha Jambi," kata Eksekutif General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi Indra Gunawan di Jambi, Selasa. 

Dijelaskan Indra Gunawan simulasi tersebut dilakukan secara rutin dalam setiap tahunnya. Dimana kegiatan tersebut melibatkan seluruh anggota Komite Penanggulangan Keadaan Darurat diantaranya meliputi Perum LPPNPI, Dinas Pemadam Kebakaran Kota dan Kantor Kesehatan Pelabuhan. Kemudian Basarnas, Korem 042 Garuda Putih, Kodim 0415 Batanghari, Polresta Jambi, Rumah Sakit, Puskesmas, Maskapai yang beroperasi di bandara serta instansi terkait lainnya. 

Di libatkan-nya seluruh anggota komite penanggulangan keadaan darurat tersebut bertujuan untuk menguji standar operasional prosedur (SOP) dari masing-masing instansi. Serta untuk menguji fungsi komando, koordinasi dan komunikasi antar anggota komite. 

Selain itu, turut dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama sekaligus sosialisasi Years of Security Culture ( YOSC) tahun 2021 dengan tema “Keamanan adalah tanggung jawab kita bersama" antara PT Angkasa Pura II dengan Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI Padang. 

Kegiatan tersebut merupakan langkah kewaspadaan dan kesiap-siagaan dari anggota komite keamanan Bandar Udara menghadapi adanya kejadian Bom Bunuh diri di gereja Katedral Makasar. 

Indra Gunawan mewakili komunitas Bandara Sultan Thaha menyatakan keprihatinannya dan turut berduka cita atas kejadian bom bunuh diri tersebut. Serta mengutuk keras perbuatan bom bunuh diri di gereja Katedral Makasar.

"Perbuatan tersebut merupakan perbuatan orang yang tidak beragama, NKRI harga Mati," kata Indra Gunawan. 

Latihan Simulasi (Table Top exercise) dan Rapat Komite Keamanan dan Keselamatan di Bandara Sultan Thaha Jambi tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah VI Padang Agoes Soebagyo selaku pembina. 
PT Angkasa Pura II melaksanakan latihan simulasi "Table Top Exercise" di Bandara Sultan Thaha Jambi yang bertujuan untuk melatih fungsi komando di Bandara Sultan Thaha Jambi. (Antara/HO/Bandara Sultan Thaha Jambi)

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021