Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andy Purnamawan mengimbau kepada pengendara yang akan melintasi jalan nasional lintas provinsi jalur Bangko, Kabupaten Merangin menuju Kerinci untuk berhati-hati karena kondisi tanah disana masih labil serta dikhawatirkan bisa kembali terjadi longsor.

"Meski pada Selasa siang tadi kembali terjadi longsor di lokasi yang sama Desa Birun jalur Jalan Bangko-Kerinci sudah dibersihkan lagi dan jalan juga sudah bisa dilalui kendaraan namun kami minta kepada pengendara yang akan melalui jalan tersebut untuk waspada dan berhati-hati," kata Irwan Andy Purnamawan saat dihubungi.

Saat ini sejumlah alat berat yang dipakai untuk melakukan evakuasi dan membersihkan tanah dari longsoran tersebut masih ditempatkan dan siaga di beberapa titik kejadian, hal ini dilakukan agar bila terjadi longsor kembali bisa dengan cepat ditangani sehingga jalur tidak lumpuh total.

Pasca longsor yang menimbun jalan lintas nasional Provinsi Jambi, jalur menuju Bangko-Kerinci dan sebaliknya pada Senin (20/3) hingga jalur putus, pada kejadian kemarin akibat longsor di Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin arus lalu lintas Bangko Kerinci maupun sebaliknya dialihkan lewat Solok Selatan atau Muara Bungo.

Informasi pengalihan jalan yang diletakan di simpang Empat Pasar Bawah Bangko, Kabupaten Merangin dengan tulisan "Untuk sementara waktu lalu lintas kita alihkan lewat Solok Selatan, menjelang selesaikan dibersihkan jalan yang tertimbun longsor".

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Merangin, Aspan mengatakan ada beberapa titik longsor yang menutupi jalan lintas nasional menghubungkan jalur antar Kabupaten Bangko-Kerinci, namun pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak balai jalan menurunkan alat berat ke lokasi longsor.

"Tadi Kami langsung melakukan koordinasi dengan pihak balai jalan Sumatera karena itu statusnya jalan nasional sehingga ada dua unit eskavator dan dua unit dumtruck sudah dikirim ke lokasi yang sudah bekerja membersihkan badan jalan dari tanah yang longsor namun karena hujan kondisi jalan masih becek dan licin bila dilalui kendaraan," kata Aspan.

Kepada pengendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil atau roda empat pribadi maupun travel untuk berhati hati dan tetap waspada saat melintasi jalur Bangko-Kerinci sehingga tidak ada korban atau pun hal yang merugikan pengendaraan yang melintasi jalur tersebut,






 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021