Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Dr Bahrul Ulum  MA dan Kepala International office Yanri Ramadhanu  M.Ed  menghadiri rapat koordinasi Forum Wakil Rektor Kerjasama PTKIN di Bandung, 29-31 Maret 2021.

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof. Ali Ramdhani mengharapakan pertemuan ini dapat memperkuat jaringan kerja sama yang tidak hanya berupa Memorandum of Understanding (MOU) saja, tetapi diharapkan juga menjadi implementasi dari MOU tersebut.

Melalui forum yang dihadiri oleh 70 peserta atau perwaklilan itu diharapkan peserta memiliki persamaan persepsi antar International office PTKIN di Indonesia. Selain itu, forum ini diharapkan dapat mendorong keberadaan kantor internasional di PTKIN.

Ali Ramdhani menegaskan, melalui kebijakan dan arahan pengembangan Kerjasama PTKI, harus ada komitmen untuk bersinergi membangun PTKIN. Salah satunya melalui peluang kerjasama seperti pertukaran mahasiswa /staf, penelitian, expert invitation dan double degree.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerja Sama Adib Abdushomad PhD menyampaikan bahwa Pedoman Kerja Sama di bawah PMA nomor 40 tahun 2020. “Dengan pembinaan ini diharapkan PTKIN seluruh Indonesia dapat bekerjasama dengan luar negeri dan menunjukkan kualitas. universitasnya melalui jaringan dan kolaborasi,”ujarnya.

Rapat koordinasi ini membahas materi tentang peluang kerjasama pendidikan di Jerman. Kemudian dilanjutkan diskusi tentang Kerjasama dengan Arab Saudi, Mesir dan Al-Jazair. Acara akan ditutup dengan evaluasi Program Kerjasama 2020 dan Rencana Kerja 2021 pada hari ketiga.


 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021