Tim gabungan dari  Polda Jambi, Polresta dan Polsek Kota Baru menangkap lima anggota komplotan spesialis pencurian  minimarket yang kerap  beraksi  di sejumlah kabupaten dan provinsi di Sumatera.

"Tim gabungan Resmob Polda Jambi, 'Tekab Rangkayo Hitam' Polresta Jambi, Polsek Kota Baru dan Polsek Jaluko berhasil mengamankan lima pelaku komplotan spesialis membobol gerai Alfamart dan Indomaret antar provinsi, setelah mereka beraksi di Kota Baru, dan 1x24 jam tim berhasil membekuk mereka," kata Kapolresta Jambi, Kombes Pol Dover Christian melalui Kasat Reskrim, Kompol Handreas, di Jambi Senin.

Kapolresta menyebutkan, dalam aksinya mereka membawa senjata api dan tajam serta peralatan lainnya.

Kelima pelaku komplotan yang diamankan tersebut yakni NW (45) warga Desa Wirabungun Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, IN (41) warga Air Pauh Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. 

MD (42) warga Pulau Pandan Kecamatan Telanaipura Kota Jambi Provinsi Jambi, HR (55) warga Tri Sukses Kecamatan Alang-alang Lebar Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, dan JN (45) warga Sungai Duren Kecamatan Jaluko. Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi.

Para pelaku spesialis pembongkar gerai Alfamart dan Indomaret tersebut berhasil ditangkap tim gabungan pada Minggu (2/5) sekitar pukul 05.00 WIB, di salah satu rumah pelaku yang berada di kawasan Sungai Duren Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi.

"Para pelaku ditangkap pada saat mereka sedang istirahat di tempat persembunyian mereka dan saat digerebek rumah tersebut salah satu pelaku memiliki senjata api rakitan, dan empat pelaku lainnya berusaha melakukan perlawanan dan melarikan diri saat diamankan sehingga diberikan tindakan tegas terukur terhadap pelaku," kata Handreas.

Senjata api rakitan milik pelaku berhasil diamankan, dan senjata ini digunakan pelaku saat melakukan aksinya. Kelima pelaku beserta barang bukti yang digunakan saat beraksi dan sejumlah barang hasil curian telah diamankan ke Polresta Jambi guna untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Para pelaku  terakhir telah melakukan pencurian di gerai minimarket di  kawasan Kenali Besar, Kecamatan Kota Baru pada Sabtu (1/5) sekitar pukul 02.30 WIB. 

Komplotan pelaku ini beraksi dengan cara merusak pintu gerai  dengan menggunakan alat las karbit, selanjutnya pelaku masuk ke dalam mengambil sejumlah barang berupa susu, roko, kosmetik, gula dan barang lainnya.

Mereka melakukan aksinya tak hanya di Jambi, namun juga di beberapa daerah dan luar provinsi Jambi.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021