Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar dalam rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jambi menyatakan kesiapan dari Pemerintah Kabupaten Batanghari menyuplai produk-produk perikanan ke kabupaten dan kota jelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah. 

"Kita Pemerintah Kabupaten Batanghari siap menyuplai produk perikanan, seperti ikan nila, patin dan lele kepada kabupaten dan kota di Provinsi Jambi untuk memenuhi kebutuhan jelang hari raya," kata Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar di Jambi, Selasa. 

Hal itu dikarenakan Kabupaten Batanghari merupakan sentra produksi perikanan. Dimana terdapat puluhan ribu keramba milik masyarakat yang memproduksi ikan-ikan air tawar. 

Dijelaskan Bakhtiar Pemerintah Kabupaten Batanghari siap menjalin kerjasama dengan kabupaten dan kota lainnya di daerah itu dalam rangka memenuhi kebutuhan ikan. Sehingga harga ikan di pasaran jelang hari raya Idul Fitri tidak mengalami kenaikan yang drastis. 

Sementara itu terkait dengan stok  bahan pangan lainnya di Kabupaten Batanghari masih cukup stabil. Meski terjadi kenaikan harga terhadap sejumlah bahan pokok di awal Ramadhan, namun saat ini harga bahan pokok tersebut sudah kembali normal.

"Bahan pangan yang berfluktuasi diantaranya cabai, bawang, daging dan telor, namun saat ini harganya sudah kembali normal," kata Bakhtiar. 

Selain itu, untuk menjaga pasokan bahan pangan, Pemerintah Kabupaten Batanghari telah mengatur musim tanam petani di daerah itu. Sehingga bahan-bahan pangan yang di produksi oleh petani tidak menumpuk di pasaran dan tidak terjadi kelangkaan. 

Dengan demikian harga bahan pangan di tingkat petani dan di pasaran tetap stabil.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021