Komando Resor Militer (Korem) 042 Garuda Putih Jambi menyiapkan 500 prajurit untuk membantu pengamanan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2021. 

"Kita turunkan pasukan untuk mengamankan PSU Pilgub Jambi," kata Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli di Jambi, Selasa. 

500 personel Kodim 042/Gapu tersebut disebar ke 88 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 15 kecamatan dalam lima kabupaten dan kota dilaksanakannya PSU Pilgub Jambi. Dalam pelaksanaan pengamanan juga akan dikoordinasikan dengan Polda Jambi. 

Saat ini sejumlah personel telah disiagakan untuk memantau kondisi di lapangan jelang pelaksanaan PSU Pilgub Jambi. Personel yang disiagakan tersebut diantaranya Babinsa. Dengan harapan pelaksanaan PSU Pilgub Jambi dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai. 

Dijelaskan M Zulkifli, pembagian personel di lima kabupaten dan kota tersebut disesuaikan dengan tingkat kerawanan masing-masing daerah. Daerah-daerah yang melaksanakan PSU tersebut memiliki tingkat kerawanan yang berbeda, sehingga tingkat kerawanan itulah yang perlu diantisipasi. 

"Kerawanan tersebut yang harus diantisipasi dengan baik, berdasarkan laporan dari tim intelijen di lapangan dan laporan dari masyarakat," kata M Zulkifli. 

Daerah-daerah yang melaksanakan PSU Pilgub Jambi tersebut memiliki tingkat kerawanan yang sama. Hanya saja daerah di Kabupaten Kerinci selalu menjadi atensi untuk pengetatan dan penebalan pasukan saat dilaksanakannya pemilihan kepala daerah. Namun jika melihat pengalaman Pilkada sebelumnya, konflik yang terjadi di daerah itu dapat diamankan dengan baik. 

Zulkifli menghimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19 saat pelaksanaan PSU Pilgub Jambi. Dimana saat ini Jambi masih berada dalam masa pandemi COVID-19. Jangan sampai pelaksanaan PSU Pilgub Jambi tahun 2020 menjadi klaster baru penularan COVID-19. 

"Dan kita ingatkan agar tidak ada provokasi untuk saling menjatuhkan dan merusak pelaksanaan PSU Pilgub Jambi tahun 2020," kata M Zulkifli. 
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021