Dalam rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional ke-28 Tahun 2021, Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan Apresiasi Lomba Kelompok Kegiatan (Poktan) Unggulan yang digelar di Hotel Shang Ratu, Kota Jambi, Kamis (27/5).

Adapun kategori lomba    pada kegiatan tersebut, yakni    Kelompok Kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB), Kelompok Kegiatan Bina Keluarga Remaja (BKR), Kelompok Kegiatan Bina Keluarga Lansia (BKL), Kelompok Kegiatan Pusat Informasi Konseling Remaja Jalur Pendidikan (PIK-R) dan Kelompok Kegiatan Pusat Informasi Konseling Remaja Jalur Masyarakat (PIK-R).

Kemudian Kelompok Kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA), Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS), Duta Orang Tua Hebat, Keluarga Teladan dan    Forum Generasi Berencana (GenRe).

Sedangkan penilaian dilakukan oleh Tim Juri internal dan eksternal BKKBN terdiri dari jajaran Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, TP-PKK Provinsi Jambi, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi, Biro Kesejahteraan Keluarga (Kesra) Setda Provinsi Jambi, BPD Asosiasi Kelompok UPPKA Provinsi Jambi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi.

Dalam Apresiasi Lomba Poktan Unggulan tersebut diikuti 131 orang yang berasal dari peserta provinsi dan seluruh kabupaten/kota. Kegiatan yang digelar 27-29 Mei tersebut dibuka langsung Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Munawar Ibrahim

Dia mengatakan, Apresiasi Poktan Unggulan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi PKB/PLKB, pihak OPD-KB, dan kader semua Poktan serta keluarga dalam meningkatkan kualitas kelompok kegiatan dan secara tidak langsung akan turut meningkatkan kualitas setiap keluarga khususnya di Provinsi Jambi.

Munawar menjelaskan, upaya peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang dilakukan oleh BKKBN diantaranya adalah melalui pembinaan kelompok Bina Ketahanan Balita (BLB), Bina Keluarga Remaja (BLR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Pusat Informasi konseling Remaja (PIK-R)), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) serta Penyediaan Akses Informasi dan Pelayanan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga melalui Pusat pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS).

"Dalam upaya mengoptimalkan penerapan delapan fungsi keluarga dan dukungan keluarga dalam program Bangga Kencana, maka harus ada role mode remaja, Orangtua dan keluarga teladan yang bisa dijadikan contoh oleh keluarga lain," katanya.

Dia juga mengatakan, mengingat begitu pentingnya program pembangunan keluarga ini, maka diperlukan pembinaan yang berkesinambungan, salah satunya adalah melalui akselerasi program dengan menyelenggarakan apresiasi Poktan Unggulan, Lomba Orangtua Jabat, Forum Genre dan Keluarga Teladan dalam rangkaian kegiatan Hati Keluarga Nasional ke-28 tahun 2021.

Munawar juga mengapresiasi kabupaten/kota yang telah mengirimkan peserta unggulannya pada penyelenggaraan apresiasi Poktan Unggulan tahun 2021 ini. 

"Dan kami sangat mengharapkan semua berkompetisi untuk menampilkan versi terbaik dari masing-masing, sehingga kami akan menilai kualitas penyelenggaraan program Bangga Kencana khususnya penyelengaraan Poktan di lapangan," ujarnya 

Dia menambahkan, tahun ini, khusus partisipasi lomba Keluarga Teladan yang nantinya terpilih, akan mewakili Provinsi Jambi di tingkat nasional.

"Sehingga kami berharap keluarga yang terpilih bisa membawa nama Jambi di mata nasional. Semoga yang terpilih memang kelompok dan keluarga yang layak untuk menjadi pemenang," katanya menambahkan.***
Pembukaan kegiatan Apresiasi Lomba Poktan Unggulan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jambi di hotel Shang Ratu, Kota Jambi, Kamis (27/5). (FOTO ANTARA/Dodi Saputra)

Pewarta: Dodi

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021