PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jambi memasang Stasiun Pengisian Listrik Umum Mobile (SPLU-M) di kawasan Tugu Keris Siginjai untuk mendukung pelaku UMKM di kawasan tersebut.

"SPLU-M yang di pasangan di kawasan Tugu Keris Siginjai di peruntukan untuk pelaku UMKM berjualan pada malam hari, harapannya ini dapat membantu pelaku UMKM menghemat biaya operasi dan menghemat energi," kata Manager PLN UP3 Jambi Hanfi Adrhean Abidin di Jambi, Selasa.

Terdapat 10 titik SPLU-M yang tersebar di kawasan Tugu Keris Siginjai dengan daya 5.500 VA untuk satu unit SPLU-M. SPLU-M tersebut dapat dimanfaatkan pedagang makanan atau pelaku UMKM di kawasan tugu keris untuk berjualan.

Selama ini pelaku UMKM di kawasan tersebut untuk mendapatkan energi listrik menggunakan genset. Dengan di pasangnya SPLU-M tersebut pedagang tidak perlu lagi menggunakan genset, sehingga lebih hemat energi dan mengurangi biaya produksi.

Dijelaskan Hanfi Adrhean Abidin, dengan menggunakan SPLU-M pelaku UMKM dapat menghemat biaya. Di contohkan Hanfi pelaku UMKM yang biasanya menghabiskan uang sekitar Rp10 ribu untuk membeli minyak sebagai bahan bakar genset dalam satu malam dapat dimanfaatkan membeli token listrik untuk SPLU-M yang dapat digunakan selama dua sampai tiga hari.

"Selain itu SPLUM-M ini juga menjaga lingkungan tetap bersih karena tidak ada lagi polusi yang dihasilkan dari genset," kata Hanfi Adrhean Abidin.

General Manager PLN UIW S2JB Bambang Dwiyanto mengatakan penyediaan SPLU-M tersebut merupakan salah satu program Electrifying Lifestyle. Yakni mengenalkan masyarakat untuk bergaya hidup dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan.

"Menggunakan peralatan serba elektrik tersebut tidak boros energi namun secara umum lebih hemat energi," kata Bambang Dwiyanto.

Bambang Dwiyanto berharap akan tumbuh kawasan-kawasan serupa di Kota Jambi sehingga dapat didukung dengan penyediaan SPLU-M.

Sekretaris Daerah Kota Jambi Budidaya mengatakan dengan tersedianya SPLU-M tersebut dapat mendukung program Smart City Kota Jambi. Sesuai dengan tema peluncuran SPLU-M yang bertajuk "Smart Grenn City with Electricity".

"Ini juga akan menambah pendapatan asli daerah Kota Jambi," kata Budidaya.

Pemerintah Kota Jambi akan membangun kawasan serupa di beberapa titik dalam Kota Jambi. Diantaranya di Ancol, Pedestrian di jalan Sumantri Brojonegoro dan kawasan Danau Sipin.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021