Satuan Tugas COVID-19 Provinsi Jambi menyatakan tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Jambi  sebesar 80,17 persen.

"Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 Jambi sebesar 80,17 persen, masih di bawah rata-rata nasional yang sudah mencapai 90 persen," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Jambi Johansyah di Jambi, Rabu. 

Dari 10.230 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Jambi yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 8.245 orang. Pasien terkonfirmasi positif dan sembuh tersebut tersebar di sebelas kabupaten dan kota di daerah itu. 

Meski demikian pascahari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah terjadi peningkatan terhadap pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu. 

Dijelaskan Johansyah meningkatnya pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu juga disebabkan oleh meningkatnya pelacakan pasien COVID-19 oleh Satgas dan pengetesan COVID-19. Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Satgas COVID-19 Pusat untuk meningkatkan pelacakan dan pengetesan uji usap terhadap kontak erat pasien COVID-19.

"Maka dari itu kita harapkan pekan vaksinasi COVID-19 terhadap lansia di Provinsi Jambi dapat menekan penularan COVID-19 di Jambi," kata Johansyah. 

Saat ini capaian vaksinasi COVID-19 terhadap lansia di Provinsi Jambi masih cukup rendah yakni di bawah 10 persen. Sehingga pemerintah daerah itu melaksanakan pekan vaksinasi COVID-19 terhadap lansia. Dengan harapan dapat meningkatkan capaian vaksinasi terhadap lansia di daerah itu. 

Sementara itu masih tingginya pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu dikarenakan masyarakat di daerah itu masih tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19. 

"Peran Satgas COVID-19 begitu dominan dalam melakukan tracking dan testing, diharapkan masyarakat juga turut disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19," kata Johansyah.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021