Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UTIPD) UIN Sulthan Thaha Saiafuddin (STS) Jambi bersama PT Telkomsel menyelenggarakan kegiatan "Belajar menjadi Android Application Developer" untuk meningkatkan kemampuan akademisi di era digitalisasi saat ini.

Kegiatan itu dilaksanakan di Laboratorium Komputer UTIPD, dengan tujuan pelaksanaan ini bisa berperan aktif mengikuti kemajuan Teknologi Informasi yang saat ini berkembang sangat pesat, hal ini menuntut kita untuk mengikuti kemajuan teknologi informasi, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang profesional, dalam pengembangan aplikasi developer, kata Kepala UTIPD UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Aris Dwi Nugroho, Sabtu.

Seiring dengan kemajuan teknologi, android saat ini merupakan salah satu pilihan perangkat lunak yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, selain untuk berkomunikasi juga berfungsi dalam berbagai bidang teknologi, pemasaran dan berbagai fungsi lainnya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang sangat istimewa dan luar biasa, serta pertama kalinya dilaksanakan di Provinsi Jambi.

"Kami berkolaborasi bersama Telkomsel melaksanakan kegiatan Belajar Android Application Developer untuk berbagai mahasiswa aktif dari berbagai Perguruan Tinggi, serta dosen dan Tenaga Kependidikan yang ada di Provinsi Jambi, dengan kegiatan kontrak belajar yang dilaksanakan hari ini peserta akan mengikuti proses belajar mengajar selama 10 Kali pertemuan," kata Aris Dwi Nugroho.

Sementara itu Supervisor PT Telkomsel Jambi, Deddy Rusika, bahwa kegiatan ini berbeda dari kegiatan yang dilaksanakan biasanya, karena peserta yang mengikuti pelatihan belajar ini tidak memiliki background di bidang IT sehingga benar-benar memahami dari nol setiap prosesnya.

Para Peserta developer tingkat pemula mengikuti rekrutmen secara ketat dengan jumlah peserta terbatas untuk mengikuti kegiatan kelas Android Aplication Developer dengan syarat Mahasiswa Aktif Perguruan Tinggi, Mahasiswa Non-Prodi IT, Memiliki komitmen untuk mengikuti kegiatan ini secara offline, Memiliki motivasi tinggi dalam meningkatkan kompetensi bidang IT.

Sebelumnya peserta mengikuti seleksi administrasi, seleksi wawancara, hingga sampai pada tahap kontrak kelas, serta mengikuti pelajaran sebanyak 10 kali pertemuan, yang di laksanakan seminggu sekali.

Kegiatan ini akan sangat bermanfaat, karena para peserta kontrak belajar akan mengikuti kurikulum belajar mulai dari Opening Class Program, Pengenalan pemrograman Android, Pengantar pemrograman Java, Variabel dan Operator, Object dan Class, Pemaparan Array, Konditional & Looping, Pemaparan Class dan Method, Penginstallan Android SDK Android Studio, Design Layout UI, Inner Class & component Form, Menu Design, Membuat File Android Paket (APK).

Salah satu peserta Sean Popo Hardi menyebutkan kegiatan ini sangat luar biasa, pelatihan ini cukup menjanjikan bagi kami yang pemula untuk memahami paling tidak mengenal dasar-dasar bagaimana membuat aplikasi di android, dengan harapan dapat membuat dan membangun suatu aplikasi yang berguna untuk masyarakat dan untuk pribadi, kegiatan sangat positif, menarik, dan menantang.

Selain itu diharapkan kegiatan yang digelar standar protokol kesehatan itu dilaksanakan berjalan lancar, serta memberikan pengetahuan dan manfaat yang sangat luar biasa bagi para peserta untuk meningkatkan kompetensi diri untuk lebih baik lagi.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021