Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jambi Hesnidar Al Haris mengajak TP-PKK kabupaten dan kota untuk menjadi pelopor dalam menjalan protokol kesehatan COVID-19.

"TP-PKK diharapkan  bisa menjadi pelopor protokol kesehatan melalui 5M dan bersama -sama membantu mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat hingga ke desa-desa, dan jangan lupa ikut serta dalam mensukseskan program vaksinasi COVID-19 sebagai upaya strategis menekan kasus COVID-19,” kata Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hesnidar Al Haris  di Jambi, Senin.

Saat ini terjadi peningkatan terhadap penularan COVID-19, disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19 merupakan upaya yang harus di lakukan untuk memutus rantai penularan. 

Kader TP-PKK merupakan bagian terdekat dari masyarakat yang bisa memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan COVID-19 untuk mencegah penularan. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas ke luar daerah.

"Sebagai penyuluh dan penggerak keluarga, PKK berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan, kita harus bisa hadir sebagai pendamping masyarakat terutama dalam peningkatan kesehatan dan pemberdayaan, untuk itu sinergi antara PKK dan OPD terkait sangat dibutuhkan," kata Hesnidar.

Hesnidar menjelaskan bahwa perkembangan di era teknologi begitu cepat memberikan dampak positif bagi wanita. Selain memudahkan kehidupan bagi sebagian perempuan, teknologi dijadikan sebagai alat memperjuangkan agar perempuan memperoleh kesetaraan dengan laki-laki. Dengan teknologi perempuan dapat menyampaikan gagasan dan ide lebih cepat, dan sebaliknya perempuan yang gagap teknologi akan diragukan.

Perkembangan dan pemanfaatan teknologi telah merambah ke berbagai lini kehidupan. Generasi yang lahir pada era digital telah mengenal dan manfaatkan teknologi sedari usia dini. Sehingga tidak dapat di pungkiri membuat proses berfikir, tingkah laku dan cara belajar generasi tersebut berbeda dengan generasi sebelumnya yang dikenal sebagai generasi digital. 

Selain itu stunting juga menjadi perhatian Ketua TP-PKK Provinsi Jambi, mengingat kasus stunting masih terjadi di kabupaten dan kota. Stunting merupakan kasus penyakit yang harus segera dientaskan karena akan berdampak dalam jangka waktu yang panjang. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021