Pemerintah Kabupaten Batanghari dan Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi menjalin kerjasama untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. 

"Kerjasama ke dua daerah yang berada di titik simpul perbatasan ini sifatnya wajib, karena banyak aspek yang dapat di kelola sehingga bermanfaat untuk ke dua daerah," kata Bupati Batanghari M Fadhil Arief di Tanjab Barat, Selasa. 

Kerjasama ke dua daerah tersebut meliputi berbagai bidang, baik itu di bidang kesehatan, pendidikan, kebencanaan, kependudukan dan peningkatan ekonomi masyarakat. 

Pada bidang kesehatan contohnya, jika di daerah perbatasan dalam wilayah Kabupaten Batanghari terdapat Puskesmas, namun di daerah perbatasan dalam wilayah Kabupaten Tanjab Barat tidak terdapat Puskesmas maka masyarakat Kabupaten Tanjab Barat di daerah itu bisa mendapatkan layanan kesehatan yang berada di wilayah Kabupaten Batanghari. 

Contoh lain yakni terkait fasilitas pendidikan, daerah yang tidak memiliki fasilitas pendidikan dapat memanfaatkan fasilitas pendidikan di kabupaten tetangga yang berada di wilayah perbatasan. Begitu pula pada sektor yang lain, baik itu di sektor kebencanaan maupun sektor-sektor lainya. 

Kerjasama antar kabupaten di perbatasan tersebut bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi anggaran, terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini. Dimana setiap daerah melakukan recofusing anggaran untuk penanganan pandemi COVID-19. 

"Semua daerah merasakan dampak pandemi COVID-19, salah satunya anggaran pembangunan daerah yang menurun, dengan kerjasama ini di harapkan pembangunan di daerah menjadi lebih efisien," kata M Fadhil Arief. 

Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat mengatakan kerjasama yang dilakukan akan saling menguntungkan bagi ke dua belah pihak, serta bermanfaat untuk daerah masing-masing. Monitoring dan evaluasi penting dilakukan terhadap kerjasama yang di jalin untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. 

"Hasil dari monitoring dan evaluasi akan digunakan sebagai salah satu acuan dalam menentukan kebijakan tentang kerjasama daerah dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan peningkatan pelayanan publik," kata Anwar Sadat. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021