Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani menyatakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sangat bermanfaat untuk percepatan dan upaya pemerataan pembangunan terutama di desa terpencil. 

"TNI turut memiliki kontribusi besar dalam pembangunan, diantaranya melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), ini sangat bermanfaat untuk percepatan dan upaya pemerataan pembangunan, terutama di desa terpencil," kata Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani di Jambi, Rabu. 

Di Provinsi Jambi program TMMD TNI tersebut dilaksanakan di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Program tersebut dilaksanakan selama satu bulan yang di mulai dari tanggal 16 Juni 2021. 

Dijelaskan Abdullah Sani banyak pihak yang terlibat dalam pembangunan, baik di daerah maupun di tingkat nasional. Dimana peran dan kontribusi para pemangku kepentingan tersebut sangat di butuhkan dalam percepatan pembangunan. 

Pemerintah Provinsi Jambi mengapresiasi program TMMD di Desa Bukit Beringin, Kabupaten Merangin tersebut. Program TMMD tersebut di harapkan dapat mempercepat pembangunan di Provinsi Jambi, khususnya di daerah. 

"Untuk percepatan akselerasi, kerja sama yang baik dan sinergitas ini harus kita rawat, kita pertahankan, bahkan kita tingkatkan," kata Abdullah Sani. 

TNI sebagai bagian dari elemen bangsa mempunyai fungsi khusus sebagai alat pertahanan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2005 tentang TNI menyebutkan dua pola operasi pokok TNI, yakni operasi perang dan operasi selain perang yang terbagi dalam beberapa bentuk kegiatan. Dalam Undang-Undang tersebut program TMMD adalah bagian dari fungsi TNI dalam tugas operasi selain perang. 

Danrem 042 Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli menyatakan prajurit TNI, anggota Kepolisian, aparat pemda serta komponen masyarakat telah berkerja keras bergotong royong dengan semangat bersama dengan menyelesaikan sasaran pembangunan TMMD ke 111 baik fisik maupun non fisik.

"Kegiatan TMMD ini dilaksanakan di lima provinsi di wilayah Sumatera Bagian Selatan yakni  Kabupaten Bengkulu tengah, Lampung utara, Way Kanan, Merangin dan Musi Banyu Asin," kata Brigjen TNI M Zulkifli. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021