Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jambi menggencarkan program Usaha Peningkatan  Pendapatan Keluarga (UP2K) untuk membantu pemulihan ekonomi di Jambi. 

"Melalui program UP2K PKK Provinsi Jambi akan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam membantu pemulihan ekonomi," kata ketua TP PKK Provinsi Jambi Hesnidar Haris di Jambi, Rabu. 

Melalui program UP2K tersebut ibu rumah tangga akan di dampingi dalam mengelola usaha rumah tangga untuk membantu perekonomian keluarga. TP PKK seluruh kabupaten dan kota di daerah itu di minta untuk bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM dan pelaku industri rumah tangga yang berada di bawah binaan PKK. 

Selain itu kader PKK di seluruh kabupaten dan kota di minta untuk menjadi pelopor dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Sebab kader PKK merupakan lini terdekat dari satu keluarga yang dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. 

Dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap protokol kesehatan, di harapkan masyarakat lebih patuh dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Dengan demikian rantai penularan COVID-19 di tengah masyarakat dapat di putus. 

"Intinya rantai penularan COVID-19 harus di putus, dengan demikian penerapan PPKM dapat lebih longgar dan aktifitas perekonomian masyarakat secara perlahan dapat kembali pulih," kata Hesnidar Haris. 

Sementara itu Gubernur Jambi Al Haris berharap TP PKK Provinsi Jambi mampu bersinergi dengan OPD di kabupaten dan kota dalam melakukan upaya percepatan pencegahan penularan COVID-19. Begitu pula dengan program pemulihan ekonomi melalui pembinaan terhadap pelaku industri rumah tangga dan UMKM yang berada di bawah binaan TP PKK di setiap daerah. 

"Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jambi akan menggulirkan bantuan dana untuk pelaku UMKM dan industri rumahan, di harapkan TP PKK dapat berkolaborasi dengan OPD terkait dalam pemanfaatan dana tersebut," kata Al Haris. 

Dijelaskan Al Haris TP PKK dapat melakukan pendataan terhadap pelaku UMKM dan industri rumah tangga agar dapat menerima bantuan tersebut. Selain itu TP PKK di harapkan turut melakukan pembinaan dan pendampingan kepada pelaku UMKM dan industri rumah tangga agar bantuan dana tersebut lebih bermanfaat. 

Serta digunakan untuk peningkatan usaha, sehingga bantuan tersebut tidak hanya di manfaatkan untuk konsumtif, namun di manfaatkan untuk produktifitas usaha. 

Selain itu TP PKK juga di harapkan dapat menjalankan program-program pengentasan stunting. Mengingat angka prevelensi stunting di beberapa daerah di Provinsi Jambi masih cukup tinggi. 

"Kita membutuhkan generasi yang cerdas dan sehat di masa yang akan datang," kata Al Haris.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021