Sebanyak 3.230 karyawan dan keluarganya dari perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Karyanusa Eka Daya (EKD) dan PT Subur Abadi Plantation (SAP) di Muara Wahau, Kutai Timur, Kalimantan Timur, mengikuti program vaksinasi gotong royong yang digelar perusahaan pekan ini.

“Ini upaya kami akan kekebalan kelompok atau herd immunity atas COVID-19 bisa cepat tercipta, khususnya di Kecamatan Muara Wahau dan Kecamatan Telen di mana kebun kami berlokasi,” kata Manajer Pengembangan Masyarakat Astra Agro Area Kaltim Adhe Sigit di Balikpapan, Selasa.

Menurut administratur PT KED, Rasyid, dan Administratur PT SAP, Dedy S Lubis, ada 2.730 karyawan PT KED dan 500 karyawan PT SAP yang ikut program vaksinasi ini.

Vaksinasi tersebut sudah dimulai sejak 3 Agustus 2021 untuk tahap pertama. Tahap kedua dijadwalkan pada akhir September mendatang. Astra Agro bekerja sama dengan PT Kimia Farma, BUMN penyalur obat dan alat kesehatan. Vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac.

Agar tertib, setiap karyawan dan keluarganya mendapatkan jadwal kapan mereka harus datang ke tempat vaksinasi.

“Kalau sudah divaksin seperti ini, kita semakin kuat dan bisa kembali fokus bekerja. Tapi tetap, jangan lupa prokes,” kata Sarinah, karyawan KED.

Prokes atau protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain yang tidak serumah, masih akan terus dipraktikkan sampai nanti tercapai kekebalan kelompok atau herd community.

“Saya mengimbau teman-teman yang belum divaksin atau tidak mau, atau takut divaksin, segeralah divaksin. Aman kok, dan gratis,” kata Ignaz, supir dari PT SAP.

Menurut data Dinas Kesehatan Kutai Timur, saat ini tercatat 15.065 kasus positif COVID-19. Dari jumlah itu ada 296 orang yang meninggal dunia.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021