Dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-60 dan meningkatkan kreatifitas, anggota pramuka di Kabupaten Batanghari ditantang untuk berkesenian hadrah. 

"Dalam peringatan HUT ke-60 Pramuka Kwartir Cabang Pramuka Batanghari meningkatkan kreatifitas anggota pramuka dengan berkesenian hadrah dan lomba-lomba kepramukaan lainnya," kata Ketua Harian Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Batanghari Zulkarnain di Batanghari, Kamis. 

Dijelaskan Zulkaranian, selama pandemi COVID-19 terjadi hampir seluruh kegiatan kepramukaan terutama kegiatan kepramukaan din gugus depan tidak lagi dilaksanakan. Hal itu dikarenakan sekolah-sekolah dalam wilayah Kabupaten Batanghari dan kegiatan ekstra kurikuler turut diliburkan. 

Sehingga kegiatan kepramukaan di gugus depan dapat dikatakan vakum selama pandemi COVID-19. 

Untuk mengasah dan meningkatkan kreatifitas kepramukaan anggota pramuka yang berada di gugus depan, Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Batanghari melaksanakan berbagai kegiatan yang dilakukan secara dalam jaringan (Daring) atau virtual. 

Kegiatan perlombaan tersebut diantaranya lomba pidato pramuka, senam pramuka, cerdas cermat pramuka, lomba baris berbaris, unjuk keterampilan pramuka siaga. Karena peringatan HUT Pramuka ke 60 beriringan dengan tahun baru islam 1443 Hijriah, maka turut dilaksanakan perlombaan keagamaan seperti syarhil Qur'an dan kaligrafi. 

"Harapannya kemampuan kepramukaan anggota pramuka di gugus depan dapat terasah meski dalam masa pandemi COVID-19," kata Zulkarnain. 

Selain itu pada tanggal 14 Agustus 2021 yang bertepatan dengan HUT Pramuka ke-60 dilaksanakan ziarah makam pahlawan di Komplek Makam Pahlawan Kabupaten Batanghari. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021