Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jambi Sudirman menyatakan pramuka di Provinsi Jambi merupakan duta perubahan perilaku dalam rangka mengedukasi masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Peran Pramuka di tengah pandemi COVID-19 yaitu menjadi duta perubahan perilaku dalam rangka mengedukasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19," kata Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi Sudirman di Jambi, Senin.

Menurut dia, hingga saat ini pandemi COVID-19 belum menunjukkan grafik yang menurun, namun  upaya percepatan penanganan pandemi COVID-19 telah dilakukan oleh seluruh pihak.

"Pandemi COVID-19 diyakini akan dapat berlalu jika seluruh komponen masyarakat bersama-sama menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat serta menjalankan secara disiplin protokol kesehatan COVID-19," katanya.

Ia menjelaskan, pemerintah terus berupaya melakukan penelusuran, pengetesan dan perawatan atau yang biasa dikenal dengan 3T terhadap kontak erat COVID-19. Serta meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 agar terbentuk kekebalan kelompok untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Kwartir Daerah Pramuka Jambi turut berupaya meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di Provinsi Jambi dengan melakukan vaksinasi massal bagi warga Pramuka Jambi dan masyarakat yang belum divaksinasi.

Vaksinasi massal COVID-19 untuk keluarga besar Kwarda Pramuka Jambi tersebut juga merupakan persiapan panitia kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) yang akan di laksanakan di wilayah Provinsi Jambi.

Kwarda Pramuka Jambi menargetkan 380 peserta yang terdiri dari keluarga Pramuka Jambi dan Masyarakat untuk dapat menerima vaksinasi COVID-19 pada hari ini di Kantor Kwarda Pramuka Provinsi Jambi.

"Vaksinasi massal COVID-19 Kwarda Pramuka Jambi merupakan bagian dari upaya bakti Pramuka Jambi kepada pemerintah dan juga masyarakat, karena salah satu antisipasi dalam mengatasi pencegahan COVID-19 yaitu dengan vaksinasi," kata Sudirman.

Sementara itu hingga saat ini capaian vaksinasi COVID-19 di Provinsi Jambi baru mencapai 24,78 persen atau 665.724 orang dari jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 2.686.193 orang.

Capaian tersebut merupakan capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Untuk capaian vaksinasi COVID-19 hingga dosis ke dua di Provinsi Jambi baru mencapai 11,16 persen atau sebanyak 299.890 orang.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021