Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Barat (Sumbar)-Jambi, Jumat (27/8), menyelenggarakan edukasi taat bayar pajak  dengan tema 'Generasi Muda Sadar Pajak: sebagai wujud bela negara".

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak se-Indonesia secara virtual melalui aplikasi zoom  dan dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo,  Mendikbud Ristek Nadiem Makarim serta diikuti oleh siswa SMA dan mahasiwa dari berbagai universitas.

Kepala Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi Lindawati  dalam keterangan tertulisnya memberikan masukan kepada seluruh peserta kegiatan Pajak Bertutur tahun 2021.

"Sudah menjadi tugas kita bersama untuk melakukan edukasi perpajakan dan edukasi pembentukan karakter di Indonesia tentang peranan pajak kepada siswa dan mahasiswa untuk mewujudkan generasi emas cerdas dan sadar pajak," kata Lindawaty.

Pemberian materi kepada peserta Pajak Bertutur dengan tema Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara oleh Fungsional Penyuluh Pajak Kanwil DJP Sumatera Barat - Jambi, Septhiavani Habe.

Pajak bertutur merupakan program sosialiasi yang digalakkan Direktorat Jenderal Pajak bersama jajarannya salah satunya yaitu Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi untuk menanamkan nilai-nilai kesadaran masyarakat tentang pentingnya pajak bagi negara dan bagi masyarakat itu sendiri.

Serta memberikan edukasi kepada pelajar dan mahasiswa karena mereka adalah orang-orang yang akan menjadi wajib pajak sekaligus menjadi penerus estafet kepemimpinan di masa yang akan datang.

Kegiatan ini dilakukan serentak di Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi beserta KPP Pratama dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di wilayah Sumatera Barat dan Jambi dengan diikuti oleh 15 perguruan tinggi, sekitar 9 sekolah tingkat menengah, serta lebih dari 300 pelajar dan mahasiswa.

Dalam rangka mewujudkan generasi yang mempunyai kesadaran pajak, Kanwil DJP Sumatera Barat dan Jambi terusberupaya melakukan edukasi nilai-nilai kesadaran pajak kepada generasi muda melalui pendidikan dalam program Inklusi Kesadaran Pajak.

Agar program ini dapat terlaksana secara optimal, diperlukan adanya kolaborasi yang baik dengan pihak atau mitra lainnya.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021