Pemerintah Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi melaksanakan Instruksi Menteri Dalam Negeri di Jambi untuk mengendalikan penyebaran COVID-19 dengan pola kerja sistematis dan percepatan vaksinasi serta pengaturan kegiatan masyarakat.

“Sejalan dengan Instruksi Mendagri untuk mengendalikan COVID-19, Satgas COVID-19 Kabupaten Batanghari telah menyusun pola kerja harian hingga bulanan untuk melakukan percepatan vaksinasi dan pengaturan kegiatan masyarakat,” kata Bupati Batanghari M Fadhil Arief di Batanghari, Minggu.

Dijelaskan M Fadhil untuk mengendalikan penyebaran COVID-19 harus dilakukan sinergi antara pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan akademisi. Tujuannya untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai COVID-19, baik itu gejala dan dampak COVID-19.

Pemerintah melalui Satgas COVID-19 melakukan upaya pencegahan dengan melakukan percepatan vaksinasi, percepatan penelusuran kontak erat pasien COVID-19 hingga melakukan pembatasan terhadap aktivitas masyarakat.

Selanjutnya tokoh agama, tokoh masyarakat dan akademisi memberikan edukasi kepada masyarakat untuk dapat mematuhi anjuran Pemerintah. Sehingga program kerja yang di rencanakan akan lebih cepat dan lebih mudah diimplementasikan.

“Pengaturan kegiatan di masyarakat tetap kita lakukan untuk mengurangi penularan COVID-19 dan ekonomi masyarakat tetap tumbuh,” kata M Fadhil Arief.

Selain itu Satgas COVID-19 Kabupaten Batanghari telah membentuk tim dokter tangguh untuk memberikan edukasi yang lebih mendalam kepada masyarakat terkait dengan hal-hal yang bersangkutan dengan COVID-19.

“Tim dokter tangguh terdiri dari dokter dan tenaga kesehatan lainnya, seperti perawat, bidan, ahli gizi, ahli kesehatan lingkungan dan penyuluh kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari Dokter Elvie Yennie.

Tim dokter tangguh tersebut akan di sebar ke seluruh desa dan kelurahan di Batanghari. Dengan harapan masyarakat lebih mengetahui dan memahami COVID-19. Mulai dari apa itu COVID-19, cara penularan, cara menghindari penularan dan cara mengatasinya jika terpapar.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dalam kunjungannya di Provinsi Jambi pada Jum’at (3/9) menginstruksikan  Pemerintah Provinsi Jambi dan pemerintah daerah melakukan upaya pengendalian terhadap COVID-19 dan melakukan pelonggaran secara bertahap terhadap aktivitas perekonomian masyarakat.

Sehingga aktivitas masyarakat dapat berjalan dan penularan COVID-19 dapat ditekan melalui upaya pengendalian yang dilakukan oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

 

 

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021