Pemerintah Provinsi Jambi memprioritaskan peningkatan kapasitas akses transportasi baik jalur darat, udara dan laut untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Meski di tengah pandemi COVID-19 saat ini pembangunan daerah harus tetap jalan dan ini harus di dukung dengan baik oleh pemerintah," kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Senin.

Panjang Jalan Provinsi Jambi yang tersebar di sebelas kabupaten dan kota yakni 1.032 kilometer. Dari seluruh panjang jalan tersebut 113 kilometer jalan Provinsi Jambi dalam kondisi rusak berat, atau sekitar 11,51 persen.

Pemerintah Provinsi Jambi mengupayakan peningkatan kapasitas jalan tersebut bertujuan untuk meningkatkan akses perekonomian masyarakat.

Tidak hanya peningkatan akses jalan milik provinsi, namun Pemerintah Provinsi Jambi turut meningkatkan akses jalan nasional dan akses transportasi jalur laut dan udara serta peningkatan kapasitas jembatan.

Dimana Pemerintah Provinsi Jambi mendorong Pemerintah Pusat untuk meningkatkan kapasitas Pelabuhan Ujung Jabung yang saat ini sebagai pelabuhan pengumpul menjadi pelabuhan utama. Mengingat Pelabuhan Ujung Jabung tersebut berada pada jalur perdagangan laut nasional dan internasional. Serta mendorong Pemerintah Pusat untuk meningkatkan kapasitas Bandara Sultan Thaha Jambi menjadi bandara skala internasional.

Upaya tersebut ditempuh Gubernur Jambi dengan melakukan koordinasi dengan sejumlah menteri, diantaranya Kementerian Perhubungan dan Kementerian PPN/Bapennas.

Konektivitas transportasi darat, udara dan laut yang menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah itu. Sebab akses transportasi tersebut merupakan salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Percepatan pembangunan infrastruktur di dorong untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan adanya kemudahan akses transportasi darat, udara dan laut yang memadai," kata Al Haris.

Selain itu saat ini sejumlah wilayah di Provinsi Jambi dalam proses pembangunan jalan tol yang nantinya akan terhubung dengan jalan tol Trans Sumatera. Yakni ruas tol Jambi-Rengat dan tol Tempino-Jambi.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021