Sekolah merupakan salah satu sarana pendidikan formal yang memerlukan banyak dukungan.

Komitmen kepala sekolah, guru, orangtua, dan peran aktif masyarakat sekitar sekolah sangat menentukan kemajuan sekolah.

Peran serta masyarakat atau disingkat PSM dalam pendidikan memberikan dampak signifikan terhadap hasil proses pendidikan. Awal mula pendidikan dimulai dari keluarga sebelum masuk jalur pendidikan formal.

Ketika siswa telah masuk jalur pendidikan formal bukan berarti tanggungjawab pendidikan sepenuhnya berpindah ke tangan gurupendidik di sekolah, namun peranan orangtua tetap sangat menentukan tingkat perkembangan anak dalam menempuh pendidikan.

Menyadari pentingnya keterlibatan warga sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, SMPN 4 Tanjung Jabung Timur sebagai sekolah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation telah membentuk “Paguyuban Orangtua Siswa” (POS) di setiap kelas sebelum pandemi Covid-19.

POS merupakan wadah partisipasi orangtua siswa. Pengurusnya terdiri atas perwakilan orangtua di kelasnya masing-masing yang merupakan kepanjangan tangan dari kepengurusan komite sekolah.

Fungsi POS antara lain sebagai forum komunikasi wali kelas dengan orangtua siswa, memfasilitasi kegiatan belajar siswa di luar jam pelajaran. Bagi wali kelas, POS dapat dijadikan rujukan penilaian sikap peserta didik, dan sebagai sumber belajar alternatif bagi siswa.

POS di Masa Pandemi
 
Manfaat POS sangat dirasakan dalam membantu proses pembelajaran, apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Sebagai salah satu contoh, POS kelas VIII, mendata siapa saja siswa yang tidak memiliki gawai maupun ketiadaan sinyal dan kuota.

Caranya dengan memberitahu kepada siswa tersebut, materi apa saja yang telah dipelajari. Terutama yang berdekatan rumahnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, hal tersebut dilakukan agar tidak ada siswa yang ketinggalan belajar.

POS juga mengkoordinir dan memberitahu kepada guru jika ada siswa yang sakit dan butuh pertolongan, sehingga cepat ditangani dengan baik.

Hal lainnya adalah POS melalui pengurus komite sekolah membantu penyediaan tempat cuci tangan siswa di depan kelas, dan saat tatap muka diberlakukan saat ini tempat cuci tangan tersebut dapat digunakan.

Memberikan Warna Baru

Terbentuknya POS di SMPN 4 Tanjung Jabung Timur memberikan warna baru terhadap proses belajar siswa.

Peningkatan partisipasi orangtua siswa terbukti dapat membantu meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa.

Siswa lebih bersemangat belajar atas dorongan orangtua yang aktif membantu sekolah. Kehadiran dan aktivitas orangtua dalam mendukung belajar anak membuat siswa nyaman dan bersemangat dalam belajar.

Dengan kegiatan POS ini memberikan warna baru. Siswa dan orangtua merasa lebih dekat dengan guru, terutama dengan wali kelas, dan mereka bisa lebih banyak bertukar pikiran untuk kemajuan belajar anak-anak.

Mengingat POS sangat membantu keberhasilan proses pembelajaran di sekolah, para orangtua bertekad terus mengembangkan POS.

“Semua POS di semua kelas terlecut untuk berkompetisi memajukan kelasnya,” kata salah satu orangtua, Siti Ropa.



Oleh: Tota Sinaga
Kepala SMPN 4 Tanjung Jabung Timur/ Kepala sekolah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation

Pewarta: Tota Sinaga

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021