Komandan Resor Milter (Danrem) 042 Garuda Putih Jambi Brigjen TNI M Zulkifli mengatakan sektor pertahanan dan keamanan berperan besar dalam mendukung pertumbuhan serta pemulihan ekonomi masyarakat. 

"Ada peran TNI dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekonomi ditunjang dari pertahanan dan keamanan yang kondusif," kata Brigadir Jenderal TNI M Zulkifli di Jambi, Selasa. 

Saat ini Pemerintah Provinsi Jambi tengah berupaya melakukan pemulihan ekonomi masyarakat.yang terdampak pandemi COVID-19. 

Upaya pemulihan ekonomi masyarakat tersebut dilakukan dari beberapa sektor, salah satunya dukungan pertahanan dan keamanan yang kondusif oleh TNI dan Polri.

Brigjen TNI M Zulkfili menjelaskan kebutuhan alat utama sistem senjata (alutsista) yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI di Jambi sudah cukup. Namun perlu dilakukan pengembangan organisasi untuk mendukung tugas TNI di Provinsi Jambi. Seperti pengembangan Komando Distrik Militer (Kodim). 

Selain itu M Zulkifli mengatakan perlu melengkapi kelengkapan untuk pelaksanaan tugas, seperti kelengkapan dalam melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

"Kita sudah mengajukan ke komando atas terkait kebutuhan untuk penanggulangan Karhutla, upaya-upaya maksimal untuk penanggulangan Karhutla telah disusun dan siap direalisasikan," kata M Zulkifli. 

Sementara itu pada peringatan HUT ke-76 TNI, Gubernur Jambi Al Haris mengucapkan selamat dan terimakasih atas kerjasama dan kolaborasi antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam melakukan langkah-langkah penanggulangan pencegahan penularan COVID-19 di Provinsi Jambi. 

"Kado istimewa untuk Pak Danrem yakni Jambi saat ini sudah berada pada level II penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), semoga kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dan TNI membuat Jambi menjadi lebih kondusif," kata Al Haris. 

Dari sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Jambi, sembilan daerah berada pada level II penerapan PPKM dan dua daerah berada pada level I penerapan PPKM. Al Haris berharap Jambi terbebas dari penerapan PPKM sehingga masyarakat dapat melaksanakan aktivitas dengan normal. Namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan, agar tidak lagi terjadi penularan COVID-19 di Jambi. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021