Unit Pelaksana Teknis Badan Kepegawaian Negara (UPT BKN) Jambi menambah kapasitas peserta tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari 90 orang dalam satu gelombang menjadi 150 orang.

"Sebelumnya komputer kita hanya tersedia 90 unit, kemudian kita tambah 60 unit agar pelaksanaan tes lebih efektif," kata Kepala UPT BKN Jambi April Koni di Jambi, Selasa. 

Dalam satu hari UPT BKN Jambi melaksanakan tiga gelombang tes SKD CPNS. Dengan demikian dalam satu hari terdapat 450 orang peserta tes SKD CPNS yang melaksanakan tes di Kantor UPT BKN Jambi. 

Terdapat 17.000 orang peserta tes SKD CPNS yang melaksanakan tes di UPT BKN Jambi. Karena masih berada di masa pandemi COVID-19, peserta CPNS yang mendaftar di instansi Pemerintah Daerah yang berada di luar Provinsi Jambi melaksanakan tes di daerah nya masing-masing. 

Di UPT BKN Jambi ada peserta yang mendaftar di Kabupaten Oki, Barito Timur dan Jayapura. Dan di instansi vertikal ada yang mendaftar di Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan dan Kejaksaan Tinggi. 

Terdapat sejumlah peserta yang terdeteksi terkonfirmasi COVID-19 sebelum mengikuti tes CPNS. Maka dari itu UPT BKN Jambi tidak mengizinkan peserta yang terkonfirmasi positif COVID-19 untuk mengikuti tes SKD CPNS. 

"Peserta yang positif COVID-19 tidak di izinkan mengikuti tes SKD sebelum kondisi-nya pulih, maka peserta tersebut di minta untuk melapor agar mendapatkan penjadwalan ulang tes SKD CPNS," kata April Koni. 

Pelaksanaan tes SKD CPNS di UPT BKN Jambi tersebut di perkirakan dilaksanakan selama 40 hari yang di mulai dari tanggal 2 September 2021. 

April Koni menghimbau agar peserta tes SKD CPNS dapat menjaga kondisi kesehatan sebelum pelaksanaan tes CPNS. Selain itu untuk dapat mempersiapkan syarat dan ketentuan yang harus di lampirkan, seperti bukti rapid tes atau tes swab PCR dengan hasil negatif. 

Pelaksanaan tes SKD CPNS di UPT BKN Jambi dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh peserta di wajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak, Kemudian UPT BKN Jambi turut menyediakan sarana prasarana protokol kesehatan seperti cek suhu tubuh dan tempat mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. 

Pewarta: Setio Utomo

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021