Pemerintah Provinsi Jambi  fokus melakukan pembenahan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah untuk meningkatkan daya saing.

"Posisi Provinsi Jambi sangat strategis karena berada di tengah-tengah Pulau Sumatera, akan tetapi dalam pembangunan Jambi kalah cepat dari provinsi yang lain karena SDM-nya masih kalah jauh. Ke depan ini menjadi fokus dalam visi misi Jambi Mantap yaitu memantapkan sumber daya manusia," kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Senin. 

Upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi untuk membenahi SDM-nya yakni dengan memberikan bantuan beasiswa pada jenjang pendidikan strata satu (S-1) untuk masyarakat miskin. Sehingga saat peserta didik dari kalangan keluarga yang tidak mampu memiliki asa dan harapan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Kemudian memberikan beasiswa kepada tenaga pengajar dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang strata tiga (S-3) baik di perguruan tinggi yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Dimana saat ini masih terdapat tenaga pendidik dosen lulusan S-1 yang memberikan pengajaran di perguruan tinggi. 

Dan Pemerintah Provinsi Jambi akan melakukan pelatihan kepada guru ngaji untuk mengasah kemampuannya menggunakan teknologi. Dengan harapan selain memberikan pendidikan mengaji Al Qur'an, guru ngaji juga memiliki keterampilan lainnya.

Selain itu Pemerintah Provinsi Jambi turut memberikan bantuan modal untuk anak-anak milenial yang diberi nama usaha kreatif milenial (UKM) yang diberikan kepada 100 orang milenial di Jambi. Program tersebut menyasar anak-anak milenial yang kuliah sambil membuka usaha.

Dengan harapan dapat mengasah kemampuan anak-anak milenial berbisnis dan mendorong agar anak-anak milenial tersebut setelah lulus kuliah menciptakan lapangan pekerjaan. Dimana Jambi akan menghadapi bonus demografi, sehingga perlu di siapkan peluang pekerjaan bagi anak-anak milenial untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri.

"Pemerintah Provinsi Jambi juga menyiapkan program Usaha Kreatif Mak-Mak (UKMM) agar orang-orang tua kita yang kesulitan bisa terbantu dengan adanya bantuan tersebut dan bisa meningkatkan ekonomi keluarga," kata Al Haris.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021