Para santri dan pengasuh Pondok Pesantren Ar-Rahmah di Kelurahan Paal Merah, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi cukup antusias memperingati Hari Santri Nasional dengan menggelar upacara dan perlombaan bernuansa Islami. 

Dengan antusias, para santri mengikuti upacara pada Jumat (22/10) sekitar pukul 08.40 WIB yang dibimbing oleh  Pimpinan Ponpes Ustadz Riyadul Jannah beserta para pengasuh dan santri senior di pondok pesantren itu.

"Peringatan hari santri ini setiap tahun kami laksanakan, sesuai dengan peraturan Presiden No 22 Tahun 2015 bahwa setiap tanggal 22 Oktober itu diadakan Hari Santri Nasional," kata Ustadz Riyadul. 

Ia menjelaskan kegiatan peringatan itu diadakan bersamaan dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 

"Kebetulan tahun ini peringatan hari santrinya bertepatan dengan Bulan Rabi'ul Awal, bertepatan dengan kelahiran Rosulullah SAW, jadi kami menyelenggarakan agenda itu secara berbarengan, sehingga maknanya lebih kita dapatkan," katanya. 

Para santri dan santriwati juga mengikuti kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang digelar sejak Kamis malam. Beberapa perlombaan lainnya yang bersifat edukatif juga digelar dan diikuti para santri dengan suka cita.. 

"Berbagai lomba dan kegiatan akan digelar selama lebih sepekan hingga  tanggal 30 Oktober ,  berbarengan dengan peringatan Maulid Nabi," katanya.

Ustadz menyebutkan  Riyadul Jannah bahwa Pondok Pesantren Ar-Rahmah yang sudah berdiri sejak tiga tahun lalu tersebut merupakan asuhan keluarga besarnya. 

Jumlah santri di Ponpes Ar-Rahmah mengalami peningkatan dari tahun setiap tahun yaitu dari 60 santri menjadi 130 santri dengan 10 ustadz dan ustadzah sebagai pengasuhnya.

"Alhamdulillah santri kami mengalami peningkatan dari tahun kemarin yang hampir separuhnya, sekarang berjumlah kurang lebih 130 orang terdiri dari putra dan putri. Animo untuk menimba ilmu di pesantren terus meningkat," katanya. 

Riyadul berharap santri dapat menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mengikuti jihad para ulama. 

"Ulama itu membela negara cinta negara, karena itu merupakan sebagian dari iman, dan saya berharap untuk santri di Ponpes Arrahmah begitupun santri diseluruh Nusantara ini semoga senantiasa Allah memberikan keistiqomahan dalam menuntut ilmu, senantiasa menjaga adab dan menjadi santri yang senantiasa membela NKRI," kata Ustadz Riyadul Zannah menambahkan.

Pewarta: Sarifah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021