Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi mendorong pengelola perkebunan pisang cavendish di Kota Terpadu Mandiri Geragai Timur Kabupaten Tanjabtim untuk melibatkan masyarakat sekitar agar menciptakan efek positif dalam peningkatan kesejahteraan warga.

"Saya berharap agar  masyarakat di sekitar perkebunan pisang cavendish ini dapat dibina menjadi mitra peningkatan produksi," kata Bupati Tanjabtim H Romi Heriyanto mengunjungi perkebunan pisang itu,Kamis.

Bupati mengatakan akan berupaya membantu kelancaran kemitraan tersebut. Melalui kemitraan ini bupati berharap dapat meningkatkan ekonomi masyarakat lokal dan sekitar.
 
 "Kita akan rumuskan apa yang bisa dibantu sesuai dengan domain pemerintah, intinya kami menyambut baik upaya pembinaan warga dari pengusaha seperti Pak Irus ini. Harapan kita ke depan bisa saling bersinergi meningkatkan ekonomi masyarakat terutama warga sekitar," kata Bupati Romi.

Masukan dari orang nomor satu di Kabupaten Tanjabtim direspon langsung  oleh penanggung jawab perkebunan yakni, Irus  Sitepu. Ia menyebutkan bahwa semua pekerja lapangan yang mereka gunakan  adalah warga lokal, bahkan Irus mengaku sudah melatih sejumlah warga untuk juga bertanam pisang cavendish di lahan masing-masing.
 
 "Sudah kita latih beberapa orang untuk menekuni usaha perkebunan pisang ini, harapannya agar warga sekitar juga bisa menghasilkan pisang cavendish karena tingginya permintaan pasar utamanya untuk ekspor," ujar Irus.

Irus menambahkan bahwa saat ini perusahaan berencana menambah luas lahan sepuluh hektar lagi. Dikatakan Irus menanam pisang cavendish harus punya keahlian khusus, karena itu dia senang bisa turut melatih warga sekitar, dia menggambarkan soal proyeksi hasil bertanam cavendish dengan luasan dua hektar saja, akan sangat membantu petani.
 
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021