Tidak mudah memulai belajar di rumah di masa pandemi covid-19 ini. Banyak kendala yang saya temui baik dari saya sendiri maupun dari siswa beserta walinya.

Kendala tersebut antara lain keterbatasan media belajar daring yang dimiliki siswa, dan keterbatasan waktu serta materi yang dapat disampaikan melalui daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dari awal melakukan PJJ para pendidik telah menggunakan WAG sebagai media BDR bagi siswa, namun karena kurang aktifnya siswa dalam belajar membuat saya beralih menggunakan aplikasi zoom meeting.

Ternyata belajar dari rumah menggunakan zoom mampu membuat siswa aktif, bahkan siswa yang di kelas biasanya hanya diam saja, ketika belajar dengan media zoom membuat mereka tidak segan mengunggkapkan pendapat dan berdiskusi dengan teman-temannya yang lain.

Hanya saja tidak semua siswa bisa dan mampu mengikuti pembalajaran yang menggunakan media zoom meeting sehingga sebagian kembali lagi menggunakan WAG sebagai media PJJ karena siswa lebih banyak yang mampu menggunakan WAG kelas.

Pembelajaran menggunakan WAG biasanya dimulai dengan memberikan salam, dan mengecek kehadiran siswa melalui chat pada WAG kelas.

Setelah itu saya menyampaikan tujuan pembelajaran yang diharapakan untuk dicapai siswa setelah proses belajar selesai, saya menyampaikan tugas yang harus mereka kerjakan kemudian saya menyampaikan garis besar materi pebelajaran yang akan menjadi bahan diskusi siswa didalam group kelasnya.

Ada 4 kelas pada tiap pembelajaran, dan setiap kelas memiliki group whatsapp sehingga memudahkan para siswa berdiskusi dalam kelasnya melalui chat group. Jika memungkinkan  juga memberikan cuplikan video pembelajaran yang relevan dengan materi pebelajaran sebagai bahan tambahan bagi siswa untuk berdiskusi.

Salah satu materi yang pernah diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan WAG adalah materi Statistika pada kelas IX semester genap. Dan sub bab yang dipelajari pada satu kali pertemuan adalah “Definisi, Ukuran Pemusatan dan Penyebaran Data”

Pada pembelajaran ini dimulai dengan mempersiapkan RPP,  mengecek kahadiran dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran melalui chat group.

Kemudian  menyampaikan tujuan pembelajaran yang diharapkan dicapai siswa, yaitu siswa mampu memahami statistik dan Statistika, juga mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan penyebaran data.

Kemudian memberikan cuplike video pembelajaran tentang materi Statistika, menyuruh  siswa mengamati video tersebut dan mencatat hal-hal penting yang di dapat dari video pembelajaran tersebut.

Karena durasi video yang lumayan panjang siswa diminta untuk mengamati dulu videonya hingga akhir baru setelahnya membuka sesi diskusi tentang materi yang telah dipaparkan pada cuplikan video tersebut.

Terakhir meminta siswa menuliskan apa saja yang telah mereka dapatkan dari tayangan video dan hasil diskusi dengan temannya.Tugas yang telah diberikan harus dikumpulkan minimal satu hari setelah pembelajaran dilaksanakan. Tugas dapat dikirimkan melalui whatapss langsung, juga bisa melalui whatapss group kelas.

Sebelum menutup pembelajaran memberikan penguatan materi kembali kepada siswa, dan menekankan bahwa dengan statistik, kita dapat memperoleh angka-angka yang penting yang sangat membantu dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya dapat memperkirakan cuaca, terjadinya bencana, populasi penduduk dan lain sebagainya.

Diakhir pembelajaran siswa  untuk menuliskan perasaannya tentang pembelajaran yang telah berlangsung melalui aplikasi chat whatsapp group kelas. Beragam tanggapan yang diberikan siswa, namun sebagian besar merasa senang dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan, karena meskipun tidak bisa ke sekolah namun tetap bisa belajar di rumah.



Penulis Solma Hartati S.Pd
Guru MTsN 2 Tanjung Jabung Barat, Jambi/ Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation

 

Pewarta: Solma Hartati S.Pd

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021