Pipa milik PT Pertamina EP 1 Jambi  yang membentang di Jalan Premix, RT 01, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Senin,  mengalami kebocoran sehingga minyak yang bercampur air mengalir ke jalan dan halaman rumah warga sekitarnya.

Warga khawatir dengan kejadian pipa yang bocor mencemari lingkungan dan permukiman warga Kenali. Kebocoran itu diketahui warga  sekitar pukul 07.30 WIB oleh warga setempat, kata Wahid Nurahman (69) warga Jalan Premix itu.

Dia mengatakan, pipa yang bocor mengeluarkan bunyi yang keras dari pipa minyak yang bocor dan kemudian langsung mengeluarkan minyak mentah dan air yang kemudian menggenangi halaman rumah warga setempat sehingga warga tidak bisa beraktivitas di luar rumahnya.

"Kaget pagi tadi saya lagi di rumah ada bunyi keras, saya mengira ada kecelakaan mobil, pas saya cek ternyata pipa minyak di depan rumah saya bocor. Air melimpah sampe halaman rumah," kata Wahid.

Petugas dari Pertamina EP 1 Jambi langsung melakukan perbaikan dan menurunkan sejumlah mobil tangki dan alat berat ke lokasi untuk memperbaiki pipa yang bocor tersebut.

Wahid berharap atas kejadian tersebut pihak Pertamina EP 1 Jambi menanggapi kejadian ini, dikarenakan lingkungan rumahnya terkena aliran minyak yang bocor.

"Soalnya kan banyak kos-kosan juga di belakang rumah, minyaknya mengalir ke situ semoga pihak Pertamina memerhatikannya ," katanya.

Sementara itu Humas Pertamina EP 1 Jambi, Afrianto BS saat dihubungi mengatakan, pipa yang bocor tersebut sementara adalah flowline injeksi KAS 021 berlokasi di Kenali Asam Bawah.

"Tim kita sudah berada di lokasi untuk penanggulangan kebocoran dan pembersihan air injeksi," katanya.

Tim saat sedang melakukan perbaikan di lokasi, agar minyak bercampur air tersebut bisa ditangani lebih cepat dan tidak mencemari lingkungan warga.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021