Sebanyak 18 jurnalis dari berbagai media yang tergabung dalam Forum Jurnalis Migas (FJM), mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan FJM- SKK Migas melalui PetroChina bersama Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS), 15 hingga 16 Desember.

Di hari pertama pelaksana UKW, Anggota Dewan Pers, Ahmad Djauhar berpesan kepada peserta agar jangan tegang dalam mengikuti rangkaian pelaksanaan ujian UKW.

Menurutnya, semua sesi ujian bisa dilalui peserta, asalkan fokus dan mendengarkan semua arahan penguji.

UKW yang diprakarsai SKK Migas melalui PetroChina digelar di Hotel BW Luxury Jambi. Sebelum UKW digelar, Lembaga Pers Dr Soetomo terlebih dahulu menggelar lokakarya jurnalistik dan hukum pers, pada Selasa (14/12). Hal tersebut bertujuan agar peserta memahami kisi-kisi dari pelaksanaan UKW tersebut.

Dalam UKW tersebut, FJM-SKK Migas melalui PetroChina menghadirkan empat penguji. Sedangkan peserta, empat jurnalis mengikuti jenjang Utama, empat jurnalis jenjang Madya dan 10 jurnalis jenjang Muda. 

Perwakilan PetroChina, Yulian, saat pembukaan Lokakarya dan UKW, berharap peserta dapat mengikuti dengan serius dan mampu menjadi wartawan kompeten, sesuai jenjang yang diikuti.

Ketua FJM Jambi, Mursyid Sonsang dalam kesempatan yang sama mengatakan, untuk menjadi seorang wartawan profesional, harus mengikuti UKW.

Mursyid berharap semua peserta lolos ujian. Karena menurutnya, mata uji merupakan kegiatan wartawan sehari-hari.***




 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021