Kegiatan Pembinaan Mahasiswa Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) Universitas Jambi dibuka oleh Rektor Unja, Prof Drs H Sutrisno M.Sc,Ph.D, diwakilkan kepada Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Drs Kamid M.Si, melalui daring dan luring, Pelaksanaan luring dilaksanakan di Gedung Balairung Pinang Masak Universitas Jambi, Selasa (21/12).

“ Untuk menerima 20 persen mahasiswanya adalah penerima KIP-K dan ini sungguh luar biasa, baik itu yang berasal dari Provinsi Jambi maupun Provinsi sekitar atau bahkan di luar pulau Sumatera, ini artinya bahwa kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak sudah diatur oleh pemerintah dan salah satu tujuan akhir dari KIP-K ini bagaimana dalam rentan waktu 4 tahun sedikit demi sedikit ikut serta dalam menuntaskan kemiskinan,” kata Dr Kamid.

Selain itu ia mengatakan kepada peserta kegiatan untuk fokus belajar dan dapat mempergunakan waktu yang sudah diberikan.

“ Anda harus bangga karena merupakan salah satu bagian penerima itu karena menjadi salah satu bagian maka anak-anak mahasiswa sekalian jangan menyia-nyiakan kesempatan, kalau dikasih waktu 4 tahun maka gunakanlah waktu 4 tahun itu karena kalo lebih dari itu bisa menjadi hal-hal yang berbeda dan ini akan menjadi tanggung jawab masing-masing,” terangnya.

Sementara itu Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr
Ir Teja Kaswari M.Sc berpesan kepada mahasiswa penerima KIP-K untuk mengikuti kegiatan ini fokuslah belajar, dan sesuai garis sehingga bisa menyelesaikan kuliah secepatnya.

“ Penting bagi kita semua baik yang hadir disini maupun yang online bahwa kita ini berbangsa dan bertanah air satu adalah kesepakatan oleh karena penting menyadari bahwa kesepakatan kita bernegara RI itu punya ideologi Pancasila dan UUD 1945 maka kami meminta dari Dandim dan Polres untuk memberikan materi-materi ini,” kata Dr Teja.

Selain itu ia berharap kepada mahasiswa agar dapat mencatat poin-poin penting yang akan di berikan narasumber.

“ Selain itu kami juga meminta dari lembaga adat melayu Jambi untuk memberikan materi tentang adat Jambi, minimal mahasiswa yang berada di Jambi jadi tahu adat orang Jambi dan nanti juga ada narasumber dari tokoh agama,” terangnnya.

Kegiatan diikuti oleh peserta yang berasal dari mahasiswa/mahasiswi penerima KIP-K serta menghadirkan narasumber Dandim 0415/Jambi, Kolonel C21 Iriyanto, Wakapolres Muaro Jambi, Kompol Novrizal, Kasat Lantas Polres Muaro Jambi AKP Nofrizal Adipati Cendikio Anggo Gento Rajo, Mochtar Agus dan Tokoh Agama, Dr Supian.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021