DPRD Provinsi Jambi menggelar sidang paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Provinsi Jambi, Kamis (6/1). Sidang paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto didampingi Wakil Ketua DPRD Pinto Jayanegara, Faisal Riza dan Burhanuddin Mahir.

Paripurna juga dihadiri Gubernur Jambi beserta Wakil Gubernur Jambi, Menteri Perhubungan Budi Karya, Jaksa Agung ST. Burhanuddin, Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan dan enam gubernur di wilayah Sumatera. Selain itu juga dihadiri Anggota DPR RI dan DPD Dapil Jambi, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Rumania merangkap Moldova Irjen. Pol. Pur. Muhammad Amhar Azeth serta para kepala daerah di Jambi.

Dalam momentum tersebut, juga digelar penandatanganan MoU kerja sama antardaerah, antara Gubernur Jambi dengan Gubernur Sumsel, Bengkulu, Sumbar, Bangka Belitung, Riau dan Kepri.

Menteri Perhubungan Budi Karya dalam kesempatan itu, mengatakan, beberapa usulan seperti pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung, Bandara Sultan Thaha, program pembangunan jalur kereta api dan peningkatan pelayanan maupun keselamatan dapat didiskusikan bersama antara Kementerian Perhubungan dan Pemprov Jambi.

Sementara Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan, Menteri Perhubungan telah membuat rencana induk Sungai Batanghari. Bahkan sudah dilakukan pengecekan, ke depannya tinggal pembangunannya saja.

Begitu juga dengan Bandara Sultan Thaha Jambi, yang kedepannya akan menjadi bandara embarkasi haji penuh. Sedangkan Bandara Bungo dan Bandara Kerinci akan menjadi bandara haji antara.

Selain itu, pembangunan jalan tol Palembang-Jambi juga akan segera dilakukan, termasuk program rel kereta api Sumatera yang melewati wilayah Provinsi Jambi.

Paripurna HUT ke-65 Provinsi Jambi ke-65 di gedung DPRD Provinsi Jambi berjalan sukses dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.***

 

Pewarta: Dodi

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022