Dalam peringatan HUT ke-65 Provinsi Jambi,  Rektor UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi berharap pemerintah Provinsi Jambi semakin dekat dan mendukung perguruan tinggi.
 
Demikian yang diungkapkan oleh Rektor UIN Sutha Jambi, Prof Suaidi, (7/1).

Ia mengatakan, sesuai dengan misi ketiga pasangan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi yakni menjadikan Jambi MANTAP di bidang sumber daya manusia. Untuk itu sebagai alat ukur SDM adalah alumni dari perguruan tinggi. 
 
"Sebagai rektor UIN Jambi saya melihat ke depannya untuk menciptakan SDM maka pemerintah tidak bisa mengabaikan perguruan tinggi. Jangan sampai diundang perguruan tinggi apalagi UIN  tidak datang,"ujarnya.
 
Rektor UIN menambahkan, perguruan tinggi juga butuh perhatian dari pemerintah daerah  untuk mendengar perkembangan dari dalam kampus agar bisa mempengaruhi pemikiran  dalam membuat program guna meningkatkan kualitas SDM alumni perguruan tinggi.
 
Selain itu, pemerintah daerah menurutnya juga perlu mendukung perguruan tinggi dalam hal ini memberikan suport pada kebutuhan perguruan tinggi seperti pembangunan infrastruktur. 
 
"Tidak mungkin dari Provinsi lain, jadi kalau berharap SDM bagus bantulah perguruan tinggi, terutama UIN Jambi karena kita sekarang sedang tumbuh pesat sekali kita bangun Jambi melalui UIN," ungkapnya
 
Prof Suaidi menegaskan, pemerintah daerah juga perlu memikirkan lapangan pekerjaan  untuk para alumni perguruan tinggi. Ke depan jika memikirkan SDM pemerintah juga perlu memikirkan beasiswa untuk mahasiswa. Ini juga perlu bagi mahasiswa S2 dan S3  khususnya program pengiriman dosen keluar negeri agar para dosen di Jambi mendapatkan pengalaman keluar.
 
"Percepatan pembangunan daerah bukan seperti jeruk makan jeruk, pengalaman keluar juga perlu,"terangnya.
 
Hal lain yang diakuinya harus diperhatikan Gubernur Jambi adalah perguruan tinggi juga harus masuk dalam peta pembangunan Provinsi Jambi sebab alumni perguruan tinggi di Jambi lah yang akan membangun Jambi ke depannya.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022