Sebanyak 30 Dokter, 17 Ners dan 20 Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter, Ners dan Janji Sarjana Psikologi pada Rabu (26/1) di Gedung Keterampilan Klinis (Skil Lab) FKIK Kampus Buluran Kota Jambi.

Hadir pada kesempatan itu Rektor Universitas Jambi, Prof Drs H Sutrisno, M.Sc ,Ph.D, Dekan FKIK, Dr dr Humaryanto, SP.OT,M.Kes, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya dr Humaryanto mengatakan saat ini FKIK Unja telah melahirkan 879 Dokter dari tahun 2005, Ners sebanyak 265 dan Psikologi sebanyak 182 sarjana Psikologi.

“ Saat ini kami sudah menghasilkan 879 alumni FKIK UNJA sejak berdiri pada tahun 2005 kemudian Ners sebanyak 265 dan sarjana Psikologi 182, pencapaian ini adalah hal yang perlu kita apresiasi, saya yakin masih ada kekurangan, masih ada kendala namun begitu tidak terlepas dari kendala dan tantangan yang ada, kita masih bisa menyelenggarakan pendidikan yang cukup baik,” Ujar dr. Humaryanto.

Hal ini terbukti dengan angka uji kompetensi profesi dokter tahun 2021 selama 4 periode terdapat 100 persen kelulusan, hal ini menjadi bekal untuk menjadi penyemangat FKIK untuk menghadapi proses akreditasi khususnya pada tahapan akreditasi yang berakhir pada tanggal 26 Januari 2023.

Selain itu saat ini lulusan FKIK UNJA sudah banyak yang melanjutkan pendidikan dokter spesialis ke universitas tetangga maupun universitas yang ada di luar sumatera, seperti Universitas Hasanudin, UNSRI, USU, UNRI, UNPAD dan lainnya, dan Dekan selalu diminta untuk merekomedasi lulusan FKIK UNJA.

 “ Ini menunjukkan kualitas lulusan pendidikan dokter kita sudah baik begitu juga lulusan Ners dan Psikologi, Lulusan FKIK UNJA tidak perlu dikhwatirkan lagi," katanya.

Terlepas dari sarana dan prasarana yang dilihat mungkin belum mencukupi tetapi pimpinan mempunyai komitmen juga untuk mensupport FKIK UNJA.

"Insya Allah bulan depan akan dilakukan peletakan batu pertama kampus Kedokteran 6 lantai kemudian gedung perkuliahan 2 lantai dan gedung anatomi psikologi 2 lantai, terlepas dari kekurangan yang ada Insya Allah kita punya tanggung jawab mengelola dan kita sangat di support oleh pimpinan,” jelas dr Humaryanto.

Sementara itu Rektor Universitas Jambi, Prof Drs H Sutrisno, M.Sc, Ph.D dalam sambutannya mengatakan universitas bangga atas capaian mahasiswa yang telah melaksanakan masa studinya dan bisa kembali kemasyarakat untuk dapat menerapkan ilmu yang didapat.

“ Kami bangga, Unja bangga, anda lahir sekarang ini untuk melanjutkan perjuangan hidup nantinya apakah langsung terjun ke masyarakat ataupun melanjutkan studi karena karya anda sudah dinanti untuk itu selamat berjuang untuk bisa menempuh kehidupan yang mungkin kehidupan ini tidaklah mudah tapi kita harus tetap optimis,” kata Rektor.

Selain Rektor mengucapkan terima kasih banyak kepada orangtua dan Wali yang telah mengantarkan mahasiswa untuk sampai pada jenjang ini dan mudahan sukses selalu, yang terpenting lagi tetap sebagai alumni memberikan masukan dan saran, dan jadi alumni yang dapat membantu adik-adik junior.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022