KONI Provinsi Jambi  menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin ( UIN STS) Jambi untuk meningkatkan prestasi olahraga di daerah itu.

Kerja sama itu ditandai penandatanganan nota kesepahaman antara  Ketua Umum KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan  dengan Rektor UIN STS Jambi Prof Suaidi, kata Kabid Humas KONI Jambi, Maskun Sopwan melalui keterangan resmi yang diterima di Jambi, Sabtu.

Acara penandatanganan nota kesepahaman ini turut disaksikan oleh Wakil Rektor III, dekan UIN STS Jambi, dan sejumlah pengurus KONI Provinsi Jambi.

Wakil Rektor III UIN STS Jambi Dr Bahrul Ulum menjelaskan, nota kesepahaman ini bertujuan mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki para pihak, guna pengembangan sumber daya manusia dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi, pendidikan, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia, pengabdian masyarakat serta pembinaan olahraga pada instansi para pihak.

"Tujuan nota kesepahaman ini adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan potensi lainnya yang dimiliki para pihak dalam pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak sesuai kewenangan masing-masing," kata Bahrul Ulum.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini mencakup penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pelatihan; penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat; peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia; penggunaan fasilitas olahraga para pihak; kemudahan fasilitas bagi atlet berprestasi untuk masuk kuliah.

Kemudian pemberian keringanan biaya perkuliahan bagi atlet berprestasi baik tingkat daerah, nasional maupun internasional; pembinaan bersama beberapa cabang olahraga sesuai dengan potensi, SDM, dan sarana yang ada; saling koordinasi antara Humas para pihak dalam hal publikasi kegiatan.

Setiap pemberitaan dari implementasi kerjasama agar dimuat di website masing-masing dan mengirim link pemberitaannya kepada para pihak; dan kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak.

Ketua Umum KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan dalam sambutannya menyambut baik inisiasi UIN STS Jambi dalam menjalin kerjasama memajukan olahraga di Provinsi Jambi.

Budi berharap, kerjasama tersebut dapat meningkatkan minat mahasiswa UIN Jambi untuk gemar berolahraga dan ada banyak manfaat dari kerjasama ini, atlet-atlet kita yang berprestasi yang ingin berkuliah bisa mendapat keringanan biaya.

Pihak UIN STS juga akan membangun sejumlah sarana olah raga untuk mendukung bila ada kegiatan  besar seperti Porprov,  kejuaraan nasional bahkan PON bisa berkolaborasi.

KONI Jambi berharap, kerjasama tersebut dapat berjalan baik, dan membuahkan hasil dalam memajukan serta meningkatkan prestasi olahraga di Provinsi Jambi.

Sementara itu Rektor UIN STS Jambi, Prof Dr H Su'aidi dalam sambutannya mengatakan, lewat kolaborasi dengan KONI Provinsi Jambi, masyarakat dapat mengetahui bahwa UIN STS Jambi saat ini tidak hanya berfokus pada pendidikan agama, melainkan juga pada aspek umum lainnya yang dapat bersaing secara global.

"UIN Jambi dalam hal ini dengan paradigma yang kita bangun sekarang transmisi ilmu memungkinkan untuk melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak, khususnya hari ini berkaitan dengan olahraga olahraga, kita bisa menciptakan generasi muda yang tangguh jujur juga berkompetisi dan dengan mengangkat nama baik Jambi di  tingkat nasional," katanya.

Suaidi juga menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan berbagai fasilitas olahraga, diantaranya stadion sepak bola dengan lintasan atletik.

"Proposalnya sedang kita diajukan ke kementerian terkait, kita harapkan dalam kerjasama tadi KONI dapat mendukung proposal itu, kita siap membantu Provinsi Jambi, Kota menjadi tuan rumah, dan bukan hanya sepak bolai termasuk juga  voli, tenis meja, bulutangkis dan lain sebagainya, karena dengan fasilitas olahraga seperti ini memungkinkan untuk menyatukan masyarakat dengan UIN, dengan demikian UIN Jambi ingin ikut serta mengangkat nama baik menjadikan Jambi yang mantap lebih unggul," katanya..






 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022