Duta Muslimah Provinsi Jambi berperan untuk memacu kreatifitas dan inovasi guna memperkuat pemasaran produk UMKM di daerah agar mampu menembus pasar domestik maupun ekspor.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi Iin Kurniasih Sudirman di Jambi, Jumat,  pemilihan Duta Muslimah dan acara-acara lain merupakan upaya dalam mendukung UMKM Provinsi Jambi.

Menurut dia perlu kerja sama dari berbagai organisasi wirausaha seperti IPEMI, IWAPI dan lain sebagainya, sehingga produk-produk UMKM yang bermunculan semakin banyak dan diterima di pasar nasional.

"Dharma Wanita Provinsi Jambi akan terus mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Jambi untuk bisa masuk ke pasar nasional bahkan pasar internasional," kata Iin Kurnisih.

"Bulan Januari yang lalu Provinsi Jambi menjadi tuan rumah Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) pertama kali di Indonesia," kata Iin Kurniasih.

Ia mengatakan, mulai bulan Januari hingga Maret tahun 2022 akan ada penilaian untuk jumlah produk UMKM Provinsi Jambi. Untuk itu, perlu adanya keterampilan dan inovasi yang kreatif dalam mendukung produk UMKM di Provinsi Jambi.

"Kami mengajak  bersinergi dengan Dekranasda Provinsi Jambi melalui Dinas Koperasi Kecil dan Menengah Provinsi Jambi," kata Iin Kurniasih.

Sementara itu Ketua Pelaksana Pemilihan Duta Muslimah Tahun 2022 Sukmawati mengatakan, Duta Muslimah Preneur IPEMI 2022 merupakan apresiasi dan penghargaan kepada muslimah untuk terus berkarya dan mengembangkan usaha.

Kriteria peserta yang terpilih hingga babak grandfinal antara lain seorang muslimah, berbusana muslimah dalam keseharian, memiliki akhlak yang baik, memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan juga anak millenial yang mempunyai usaha. Dan pemenang nantinya akan mewakili Provinsi Jambi dalam ajang nasional pada bulan Maret 2022.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022