Badan Narkotika Nasional Kabupaten Batanghari bersama tim gabungan melakukan razia dadakan tes urine kepada puluhan sopir truk yang melintas di jalan raya Jambi - Bungo, tepatnya di Jembatan Timbang, Pal 7 Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Rabu (16/3).

BNN Kabupaten Batanghari bekerja sama dengan tim gabungan yang terdiri dari Satuan Reserse Narkoba Polres Batanghari, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kesbangpol, dan Dinas Kesehatan menggelar tes urine kepada semua sopir truk yang melintas.

"Saat ini dalam proses razia tes urine udah dapat terjaring 5 sopir yang positif urinnya mengandung narkoba dan 45 orang negatif," kata Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Batanghari, AKBP M. Zuhairi  di Muarabulian,  Rabu (16/03)

Pemeriksaan tes urine tersebut dilakukan untuk memastikan para awak angkutan tersebut tidak mengkonsumsi narkoba dan sejenisnya.

Tes urine narkoba bagi pengemudi ini guna mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh pengemudi yang mengkonsumsi narkoba maupun obat-obatan yang dapat membahayakan.

Selain itu, Kepala Bidang Berantas BNNP Jambi, Kombes Pol Dewa Putu Gede Artha mengatakan, kegiatan ini bukan penegakan hukum tapi preventif atau pencegahan.

Terhadap yang terjaring positif akan direhabilitasi. Akan tetapi pihaknya melakukan asesmen terlebih dahulu supaya mengetahui di mana dapat barang itu, dan untuk lokasi rehabilitasi akan ditunjuk BNN baik lembaga dari pemerintah atau pun swasta.

"Dari pemerintah ada di Rumah Sakit Jiwa, ada rehab sosialnya dan ada swasta. Jadi tergantung hasil asesmennya nanti, kalau dia parah sekali akan masuk Rumah Sakit Jiwa. Kalau pengguna itu tidak  terpengaruh ke kesehatannya dia bisa rawat jalan," katannya

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022