Mahasiswa pecinta alam (Mapala) Sutha Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi, jadi tuan rumah kegiatan latihan gabungan Single Rope Technique (SRT) atau mengasah kemampuan dalam keahlian menggunakan tali untuk memanjat goa yang diikuti pencinta alam dari berbagai perguruan tinggi di Jambi.

"Acara latihan gabungan itu juga sebagai ajang menjalin silaturahmi sesama lembaga pecinta alam yang ada di Provinsi Jambi," kata Anggota Komunitas Pecinta Alam Gita Buana Club, Randi, di kampus UIN STS Jambi, Kamis.

Puluhan peserta pecinta alam lainnya ikut serta langsung dalam kegiatan itu sebagai ajang silaturahmi atau pertemuan antar lembaga pecinta alam, latihan gabungan SRT ini berguna untuk mengasah kemampuan kita untuk terhadap bencana yang ada di goa yang dimana bisa terjun langsung jika adanya bencana.

Latihan ini dilaksanakan di gedung terbengkalai lalu dialih fungsikan antar lembaga pecinta alam agar gedung tersebut dapat digunakan kelangsungan kegiatan latihan gabungan SRT.

Kegiatan latihan gabungan SRT itu dihadiri beberapa lembaga pecinta alam Jambi lainnya, para peserta terlihat sangat antusias melakukan latihan gabungan ini untuk menjalin silaturahmi nya sesama pecinta alam.

Randi juga mengatakan kegiatan ini digelar di kampus UIN STS Jambi itu disebabkan gedung ini cocok untuk melakukan latihan gabungan dengan alat yang aman kita dapat membantu pengetahuan adik-adik yang baru saja menjadi anggota.

Kegiatan ini tidak cukup dilakukan satu kali, namun bisa saja berkali-kali jika ada yang berniat melakukan hal yang sama bukan latihan gabungan SRT.

Kedepanya latihan ini bisa menggunakan dinding panjat tebing atau claimbing untuk melalui point-point tertentu jika itu bisa dilaksanakan akan bertambah pengetahun anggota.

Kegiatan ini bukan sekedar kegiatan biasa tetapi kegiatan ini harus rutin diadakan dengan anggaran sumbangan antar lembaga dan alat yang ada.

Kemudian berguna untuk mengikuti perlombaan atau kejuaraan nasional (Kejurnas) yang sering diadakan lembaga mapala dari luar provinsi.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi dan M Ridwan Alfarizi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022