Pemerintah Kabupaten Bungo Provinsi Jambi meminta warga di daerah itu tidak panik atau berlebihan dalam melakukan pembelian kebutuhan pokok menjelang Bulan Ramadan  untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga komoditas itu.

"Masyarakat jangan memicu "panic buying", pemerintah tetap menjaga ketersediaan bahan pokok serta kebutuhan warga lainnya," kata Bupati Bungo H Mashuri saat memimpin Rapat Koordinasi Satuan Tugas  Pangan dan Tim Pengendalian  Infalasi Daerah ( TPID)  Kabupaten Bungo di Muarabungo, Jumat.

Rapat tersebut dalam rangka menindaklanjuti Surat Gubernur Jambi tentang antisipasi ketersediaan komoditi dan lonjakan harga bahan pangan strategis pada bulan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H/ 2022 M. Kabupaten Bungo merupakan satu dari dua  kota pantauan indek harga konsumen (IHK) di Provinsi Jambi.

Bupati meminta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan Kabupaten Tebo  terus melakukan monitoring, serta tim teknis melakukan langkah stabilitas pasokan dan permintaan pasar dengan berkoordinasi dengan distributor dan pemasok kebutuhan pokok masyarakat.

"Tim harus turun ke lapangan setiap hari untuk memastikan pasokan lancar. Pantau hingga ke pemasok barangnya, sehingga kita bisa memastikan barangnya ada," kata Bupati Mashuri.

Ia juga meminta agar di pasaran tidak ada ketergantungan kepada salah satu suplayer saja, artinya perlu banyak suplayer sehingga semuanya bisa terjaga.

"Jangan tergantung dengan satu suplayer saja, selain pasokan terjaga juga harganya tidak naik atau standar," katanya.

Terkait komoditi yang paling diburu warga pada bulan puasa yakni daging baik sapi, kerbau maupun daging ayam menjadi perhatian Bupati Mashuri. Ia  memantau pergerakan harga daging sapi dan kerbau yang mengalami kenaikan. Namun ia meminta agar kenaikan tidak melampaui Rp120.000 per kilogram.

"Mulai Sabtu (19/3) besok harga daging sapi dan kerbau paling tinggi Rp120.000," katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bungo  Sopyan Ma'as, mengakui ada  lonjakan permintaan dan harga sembako pasar di daerah itu. Penyebabnya adalah masyarakat yang menghadapi kesiapan Bulan Rhamadhan dan Idul Fitri, adanya tradisi sahur dan buka puasa, budaya mudik lebaran, dan juga menyiapkan  stok  menghadapi Idul Fitri.

Sementara itu perwakilan distributor yang diwakili oleh distributor Toko Sentosa, Toko Setia, KT menyampaikan ketersediaan sembako  tidak ada masalah dan barang tersedia cukup sampai habis lebaran. Kecuali kedelai, gandum, tepung mengalami kenaikan tapi tidak begitu signifikan.

Laporan Bulog Depot Bungo-Tebo menyampaikan  stok beras di gudang baik medium maupun premium jumlah  712 Ton dan perkiraan cukup untuk Kabupaten Tebo dalam empat bulan ke depan. Selain itu daging beku masuk 7.700 ton, gula dalam perjalanan 10 ton, minyak goreng dalam perjalanan dari Jambi 3.000 ton, tepung tapioka premium 2 ton dengan harga Rp.9.200 per kilogram.


 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022