Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berhasil masuk rangking dunia dalam pemeringkatan 'Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2022.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Rektor UIN STS Jambi, Prof. Suaidi, Kamis (28/4).

"Ini salah satu misi kita untuk mencapai masuk rangking dunia, hari ini sudah tercapai,"kata Rektor.

Prof. Suaidi menjelaskan, Times Higher Education (THE) Impact Rankings adalah sebuah lembaga pemeringkatan yang mengukur kontribusi universitas–universitas di dunia berdasarkan kontribusi universitas terhadap 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang berpusat di London. 

Sebelumnya, Pusat Kajian Pembangunan Berkelanjutan (Center for SDGs Studies) UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi bersama tim penyusun  dokumen THE Impact Rankings  telah berhasil submit pada tanggal 11 November 2021. Jumlah item/matrik yang disubmit dalam portal THE Impact Rankings mencapai kurang lebih 300 item penilaian dan data yang disyaratkan oleh pihak penyelenggara adalah tahun 2019-2020, tidak diperbolehkan menginput data tahun 2021 karena kondisi universitas yang lockdown akibat pandemi COVID-19. 

Dirinya menegaskan, secara keseluruhan dari 17 indikator yang diukur, di tingkat Internasional UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi memperoleh ranking 1001+. 

" Ditingkat nasional, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berada pada peringkat 20 bersama 9 universitas lainnya versi THE Impact Rankings,"tegasnya.

Pencapaian Peringkat UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sangat dahsyat mengingat perubahan dari IAIN ke UIN baru berumur 4 tahun sejak tahun 2017. Perubahan menjadi UIN sangat berarti dalam pengukuran nilai karena melibatkan banyak aspek sains, teknologi, lingkungan, dan budaya. Secara detail, ranking THE yang diperoleh oleh UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi di tingkat Internasional berdasarkan 17 indikator SDGs meliputi, tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas,  kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak, industri inovasi dan infrastruktur, berkurangnya kesenjangan, kota dan pemukiman berkelanjutan, konsumsi an produksi yang bertanggungjawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem lautan, menjaga ekosistem darat, perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh serta kemitraan untuk mencapai tujuan

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022