Sejumlah personel kepolisian sektor Kota Baru, Jambi melalukan pengecekan dengan berpartroli ke perumahan warga yang kosong karena ditinggal mudik pemiliknya, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi tindak kejahatan terjadi.

Kapolsek Kotabaru, Kompol Dhadhag Anindito di Jambi, Sabtu, mengatakan, pihaknya sejak liburan lebaran kemarin telah melakukan patroli ke sejumlah perumahan di wilayah hukum setempat untuk mengantsipiasi tindak kriminal terutama pada rumah kosong yang ditinggal pemiliknya berlebaran ke kampung halaman.

Bersama dengan tim, Kompol Dhadhag memantau rumah warga yang ditinggal pemiliknya mudik seperti di kawasan perumahan yang berada Kenali Asam Bawah, Kotabaru, Kota Jambi.

Satu persatu, rumah warga dicek dan dilihat kondisinya, setelah memastikan kondisi aman, anggota Polsek kembali bergerak ke sejumlah titik lainnya.

"Upaya ini kami lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat saat meninggalkan rumah selama momen mudik lebaran, terlebih setelah sejumlah masyarakat yang melaksanakan mudik, menghubungi pihak kepolisian untuk memantau keamanan selama bepergian," kata Dhadhag.

Kemudian kegiatan patroli ini untuk memastikan situasi rumah warga yang menitipkan rumahnya Polsek yang ditinggal mudik, kemudian dicek personil polsek dan anggota kembali patroli demi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Kegiatan ini, akan rutin dilaksanakan melalui, Pos Pam, Pos Yan dan Pos Terpadu di dalam Operasi Ketupat 2022, yang di mana satu diantaranya yakni melakukan patroli di kawasan perumahan warga yang ditinggal pemudik.

Kapolsek mengimbau, agar masyarakat yang ingin menitipkan rumahnya selama melaksanakan mudik, untuk langsung menghubungi silahkan menghubungi Polsek dan Polres untuk memastikan kondisi aman.

"Silahkan berikan identitas, kemudian kapan waktu berangkat dan kapan waktunya dia kembali langsung diinformasikan ke kita, dan satu lagi sebelum meninggalkan rumah silahkan padamkan aliran listrik serta kompor," kata Kompol Dhadhag.

Sejauh ini, kata Dhadhag, sudah ada sejumlah warga yang datang ke Polsek untuk menitipkan rumahnya, agar mendapat pantauan dari petugas.

Pantauan di lokasi, setelah memantau rumah warga dan kawasan perumahan lainnya, petugas kembali berpatroli ke kawasan Hutan Kota, dan membubarkan sejumlah remaja yang berkumpul di lokasi, yang akan melakukan aksi balapan liar.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022