Sebelum pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah menyosialisasikan dengan orangtua sebelum kegiatan tatap muka berjalan.

Materi yang diberikan kepada siswa, saya dapatkan dari pelatihan yang diberikan oleh Tanoto Foundation. Dan saya berusaha merancang setiap pembelajaran memasukkan unsur MIKiR, PIT, supaya siswa lebih bersemangat dan tertantang untuk menyelesaikan tugas. Tentu saja saya harus merancang LKPD yang runtut supaya mudah di pahami siswa dalam mengerjakan suatu projek.

Untuk pembelajaran yang saya rancang yaitu materi membuat iklan media  cetak  pada pertemuan  PTM dan media elektronik yang di peragakan siswa langsung pada android untuk memasarkan secara langsung, baik itu iklan penyuluhan mauapun iklan memasarkan suatu produk untuk materi kelas 5 tema 3 sub tema 2 tentang makanan sehat.

Proses pembelajaran

Kegiatan diawali dengan pembacaan doa, kemudian mengingat kembali pembelajaran yang lalu tentang unsur-unsur sebuah iklan. Kemudian dilanjutkan membuat iklan, krayon. Kami mengadakan urun pendapat tentang iklan yang sering di tonton dan dilihat siswa. Semua siswa sudah pernah menonton iklan atau membaca sebuah iklan.

Kemudian lanjut ke kegiatan inti, siswa di bagi menjadi dua kelompok besar. Siswa mengeluarkan alat-alat yang di suruh bawa sebelumnya yaitu pensil, karton ukuran kecil, penggaris, krayon atau pensil warna. Masing- masing kelompok terdiri dari enam orang. 

Masing-masing anggota mengambil kertas kecil yang berisi bacaan alat pencernaan yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar. Apa yang ada di kertas ituah bagian yang harus di kerjakannya.

Dan satu lagi sebagai orator. Orator bertugas memandu anggota nya untuk menyampaikan hasil kerjanya. Yang akan membentuk “Travel Egent  perjalanan yang di tempuh makanan dari mulut -saluran pembuangan” di sini  materi yang tersampaikan IPA dengan Bahasa Indonesia, yaitu alat pencernaan manusia dan merancang sebuah iklan himbauan.

Masing -masing siswa menggambar alat pencernaan tersebut dan membuat kan narasi tentang fungsi dan cara menjaga alat pencernaan tersebut dari penyakit-penyakit yang bisa menyerang nya.

Semua siswa begitu bersemangat menyelesaikan tugasnya.dan anak-anak berhasil menyelesaikan tugasnya membuat iklan alat pencernaan pada manusia. Mereka berkelompok tetapi bekerja sendiri-sendiri sesuai tugas yang di dapatnya. Sehingga kontak fisik tetap terjaga dan protokol kesehatan tetap di terapkan.

Secara bergantian dua kelompok besar menyampaikan hasil kerjanya. Orator memandu penyampaian iklan yang di buat, dan masing-masing siswa memperagakan iklan himbauan yang dibuatnya secara bergiliran diawali dari mulut, lanjut kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar dan anus.

Kelompok ke dua mengamati persentase dari kelompok satu, dan bergantian ke kelompok satu yang persentase.

Pembelajaran ditutup dengan refleksi dan kesimpulan.

Saya menjelaskan tugas siswa untuk di rumah, masih materi iklan, tetapi di sini iklan elektronik yang akan diperagakan langsung  pada android siswa.

Membuat Iklan

Setelah siswa pulang, saya memberikan mereka penugasan, yaitu membuat sebuah iklan elektronik. Baik itu berupa editan gambar untuk promosi barang atau jasa, dan video. Lalu diunggah di media sosial orangtuanya, maupun grup WhatsApp kelas. Hal ini karena anak-anak belum memiliki sosial media.

Tidak lupa di sampaikan kriteria iklan media elektronik  yang akan di buat mengandung unsur-unsur disampaikan secara audio atau vidio audio, disampikan dalam waktu singkat, menggunakan bahasa formal dan non formal dan menggunakan intonasi yang tepat. Selanjutnya gaya bahasa mudah di pahami dan persuasif (mengajak), menggunakan kalimat yang padat, produk yang ditawarkan jelas dan boleh di iringi musik pengiring.

Iklan yang di buat bisa di post di Instagram, Facebook, dan grup WhatsApp dengan waktu kurang lebih satu menit saja. Pengiriman saya beri batas waktu dari pukul delapan pagi, samapi pukul lima sore dengan tetap dalam bimbingan orangtua di rumah.

Sesuai batas waktu, semua tugas siswa terkirim dan vidionya luar biasa semua.semua siswa mengamati dan menonton vidio masing-masing temannnya yang sengaja saya suruh berbagi ke grup WhatsApp.

Semua saling memuji kehandalan teman-temannya merancang, mengedit dan mengolah sebuah iklan. Mereka memberikan emoji sehingga menambah semangat teman-temannya yang blum selesai dan menghasilkan iklan yang beragam dari promosi sosis bakar, susu, baju impor, es capucino, himbauan pakai masker, himbauan menjaga lingkungan, semua lengkap.

Indi, salah seorang siswa mengaku bangga bisa membuat iklan video, ‘Sangat bangga bisa membuat sebuah vidio iklan, mempromosikan suatu barang dan nanti bisa mempromosikan sepatu jualan ibu di toko,” ungkapnya.

Kegiatan di tutup dengan kesimpulan bahwa iklan promosi suatu barang dan jasa sangat penting. Mengikuti perkembangan digital, semua sudah berbasis IT.

Melalui praktek langsung dari merancang hingga memperagakan iklan ini mampu melatih bakat-bakat wirausaha siswa, melatih kemampuan berbicara dan melatih keterampilan IT Siswa.


Oleh: Sampurna, S.Pd
Guru SDN 005 Kuala Tungkal Tanjab Barat/ Fasilitator Daerah Program PINTAR Tanoto Foundation

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022