Siswa di SDN 20 Jembatan Mas senang dengan praktik belajar di luar kelas, mereka menikmati pembelajaran aktif, salah satunya adalah pembelajaran okulasi. 

Okulasi merupakan salah satu cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tanaman. Yaitu menggabungkan dua sifat tanaman yang berbeda. Hasil dari okulasi adalah mendapatkan varietas tumbuhan yang lebih baik.

Menurut Faddelena Simanjuntak dalam Tektik Okulasi Karet (2010), okulasi tanaman adalah teknik memperbanyak tanaman dengan menempelkan mata tunas tanaman yang satu ke tanaman yang lain. 

Prinsip dari okulasi ini menggabungkan batang atas dan batang bawah dari tanaman.

Dikutip dari Pratomo pada Kaji terap teknologi klonalisasi durian unggul di Watulimo, Trenggalek (2010) menyatakan bahwa penyambungan antara dua tanaman yang serasi akan menghasilkan tanaman yang kuat dan berumur panjang.

Okulasi tanaman

Sebelum melakukan okulasi, pastikan tanaman induk yang dipilih adalah tanaman yang berkualitas. Memiliki perakaran yang kuat dan sifat yang unggul, sehingga bisa menghasilkan varietas yang baik.

Langkah-langkah okulasi tanaman, Pertama siapkan dua tanaman yang berbeda, yang satu untuk tanaman bawah dan yang satunya tanaman yang akan diambil tunasnya.

Kemudian pilih tanaman bawah yang memiliki sifat perakaran yang kuat. Iris kulit batang tanaman bawah (membuat jendela okulasi). Irisan tidak terlalu dalam karena akan melukai batangnya.

Ambil tunas pada tanaman lain, kemudian empelkan atau sisipkan tunas pada batang tanaman bawah yang sudah di kupas kulit batangnya. Ikat batang yang sudah di tempeli tunas.

Setelah satu bulan buka ikatan pada batang, jika tunasnya masih berwarna hijau dan segar berarti proses okulasi berhasil. Potong batang tanaman bawah, dengan cara memotong sekitar  satu sentimeter di atas mata tunas yang menempel, dengan bentuk potongan miring ke bawah.

Manfaat okulasi

Adapun manfaat dari okulasi tanaman yang pertama adanya keberagaman tumbuhan yang dihasilkan. Hal tersebut dikarenakan perkembangbiakan pada okulasi tidak melalui proses peleburan sel, sehingga sifat yang dihasilkan identik dengan induknya. 

Manfaat berikutnya dari okulasi yaitu perkembangbiakan dan pembuahan lebih cepat. 

Dikarenakan oleh usia dari tanaman induk dan keunggulan dari sifat tanamannya.

Manfaat yang terakhir adalah produktivitas tanaman meningkat. Okulasi merupakan salah satu cara untuk memperbanyak tanaman sehingga produktivitas menjadi meningkat. 

Hal ini disebabkan karena bibit tanaman yang dihasilkan memiliki sifat yang unggul.

Oleh: Hedly Nasril, S.Pd

Guru SDN 20 Jembatan Mas Batang Hari/ Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022