Bus Trans Siginjai kini resmi membuka rute perjalanan Bandara Sultan Thaha Jambi menuju Candi Muaro Jambi yang secara langsung diresmikan oleh Gubernur Jambi, Rabu (25/5).

"Dengan ini saya resmikan bus Trans Siginjai Rute Bandara STS Jambi - Candi Muaro Jambi,"ucap Gubernur Jambi Al Haris.

Haris mengatakan, dengan adanya transportasi umum menuju Candi Muaro Jambi  akan mempermudah Pemerintah dalam mempromosikan wisata Candi Muaro Jambi sehingga mempermudah wisatawan maupun para peneliti untuk mengunjungi Candi Muaro Jambi.

"Rencana angkutan wisata ini sudah lama dibicarakan Pemprov Jambi bersama pak EGM Angkasa Pura II Bandara Sultan Thaha Jambi mengingat candi merupakan destinasi wisata nasional bahkan dunia maka pemerintah harus menyediakan transportasi umum,"kata Gubernur.

Selain bertujuan mempermudah akses wisatawan menuju Candi, Gubernur juga menyebutkan dampak positif yang akan dirasakan setelah tersedianya transportasi umum menuju Candi Muaro Jambi yakni meningkatnya jumlah wisatawan yang masuk ke Provinsi Jambi. Candi Muaro Jambi dikatakannya memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan dengan tersedianya sarana dan prasarana.

"Wisata itu seperti ada gula ada semut, kita sediakan sarananya nanti wisatawannya pasti ramai, kita jangan pesimis harus optimis,"ungkap Gubernur.

Gubernur menerangkan saat ini tarif yang berlaku untuk satu kali keberangkatan ke Candi Muaro Jambi dengan Bus Trans Siginjai hanya Rp5 ribu per orang. Gubernur Jambi juga mengucapkan terimakasih kepada Bank Jambi atas suport yang diberikan atas terlaksananya rencana penyediaan transportasi umum menuju Candi Muaro Jambi.

"Tarifnya murah, cuma Rp5 ribu ini lagi promo,"sebutnya.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi,  Ismed Wijaya mengatakan bus Trans Siginjai Rute Bandara-Candi ini akan beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Nantinya setiap dua jam bus akan berangkat baik dari bandara  menuju candi ataupun sebaliknya.

"Kita akan berangkat tiap dua jam, kalau ada penumpangnya meski satu orang pun penumpang akan diantar,"ujarnya.

Sementara itu, EGM Bandara Sultan Thaha Jambi, Siswanto menyambut baik kehadiran Bus Trans Siginjai Rute Bandara-Candi Muaro Jambi ini. Pasalnya kehadiran bus ini akan mempermudah penumpang pesawat yang akan mengunjungi Candi Muaro Jambi serta akan berdampak pada peningkatan penumpang terutama dengan tujuan wisata .

"Itu pasti dampaknya ke penumpang, sekarang wisatawan yang ingin ke Candi bisa langsung naik Trans Siginjai dari Bandara,"ujarnya.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022