Sprintmate berkolaborasi dengan Shipper Academy sebagai salah satu program inisiatif dari Shipper menyelenggarakan Meetup 11 bersama Donna Karina selaku Learning and Development at Shipper secara online melalui zoom meeting, pada Rabu (25/5). 

"Mungkin yang perlu diperhatikan kita bisa menguasai pasar, bisa dari segi target marketnya, kemudian bisa juga dari segi gimana si produk itu kita developed, dari barang-barang yang unik dari barang-barang yang sesuai dengan harapan, dan segala macamnya, sama dari bagaimana cara penjualannya," kata Donna Karina. 

Dirinya juga mengatakan bahwa cara menanggulangi agar tidak kewalahan jika sudah menguasai pasar adalah menggunakan jasa warehouse. 

"Ini menunjukkan kalau ternyata storage itu penting teman-teman, apalagi ketika kita itu udah besar usahanya," kata Donna Karina.

Kemudian, Donna Karina juga menyebutkan alasan pentingnya menguasai pasar untuk pengembangan UMKM.

"Karna kalau kita kalah dari pasar nanti usaha kita tertimbun teman-teman sebenarnya kayak gitu. Mungkin pentingnya adalah yang pertama, supaya tadi hal-hal atau jualan kita itu laku, kita bisa dapat cuan lebih cepat. Terus yang kedua adalah mungkin kalau misalnya teman-teman punya cita-cita, pengen punya sesuatu yang besar, pengen punya suatu produk yang dikenal oleh banyak orang. Itu penting banget menguasai pasar, supaya orang-orang itu tau kalau produk jualan kita itu unik, produk jualan kita itu bisa menjawab masalah dari masyarakat," jelasnya.

"Aku tau ni teman-teman banyak banget hal-hal yang dijual, banyak banget hal-hal serupa yang ada di sekitar kita. Ketika dia itu jualannya banyak, ketika banyak banget yang mirip-mirip sama kita, menurut aku akan penting banget kalo misalkan kita bisa menguasai si pasar," pesan Donna Karina. 

Meetup 11 yang mengusung tema "Pentingnya menguasai pasar untuk pengembangan UMKM" ini berlangsung dari pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Pewarta: Adelia Putri Sukda

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022