Pemerintah kabupaten (Pemkab) Muarojambi bersama TNI-Polri, BPBD dan seluruh pihak terkait menggelar apel siaga bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2022.

Untuk mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2022 Polda Jambi melalui Polres Muaro Jambi menggelar Apel Siaga Bencana yang digelar dilapangan sepakbola Desa Senaung, Jaluko, Muarojambi, Selasa yang dipimpin oleh Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto mengatakan peserta yang ikuti apel sebanyak 289 orang yang merupakan gabungan dari personel Polres Muarojambi, Kodim 0415, Pol PP, Dishub dan Forkompimda Kabupaten Muarojambi dan perwakilan perusahanaan perkebunan.

Apel siaga bencana Kebakaran Hutan dan Lahan ini dilaksanakan guna mempersiapkan para personel dan instansi terkait dalam menghadapi situasi jika terjadi karhutla. Terutama Polri harus bisa menjaga keamanan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membuat api dan membakar lahan secara sembarangan.

Provinsi jambi merupakan salah satu provinsi yang rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan,  pada tahun 2022 ini setidaknya sudah ada tiga daerah yang telah menaikkan statusnya dari siaga Karhutla menjadi siaga darurat Karhutla. Tiga daerah tersebut diantaranya kabupaten Sarolangun, Tannjabtim, dan Muarojambi

Pemprov jambi akan mengajukan bantuan dua unit heli patroli dan satu unit heli water boombing kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana pusat.

Sementara itu untuk luas lahan yang kebakaran baik itu hutan dan lahan terhitung sejak Januari sampai 23 Mei 2022 sudah terjadi 49,45 hektare, dengan rincian di Kabupaten Batanghari ada ada 17, 5 hektare, Tebo (3 h), Sarolangun (17 h), Merangin (1,7 h) , Kerinci (3,75 h), Sungai penuh (3,5 h) dan terakhir Tanjabtim ada tiga hektare.





 

Pewarta: Rusihan Anwar

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022