Universitas Jambi melakukan kegiatan pelepasan jemaah haji tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Unja yang berangkat melaksanakan ibadah haji tahun 2022, Senin.

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Unja Lantai III, pada 13 Juni 2022.

Acara dibuka oleh Dr. K. A. Rahman, M.Pd.I. sebagai protokol kegiatan, yang selanjutnya diawali dengan pembacaan Ummul Quran dan Tilawatil Quran oleh Dr. Supian, S.Ag, M.Ag. Turut hadir dalam kegiatan tersebut beberapa pimpinan Unja, antara lain, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M. Sc., Ph.D., yang mewakili Rektor Unja; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., serta Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si., yang juga menjadi salah satu jemaah haji yang akan berangkat haji tahun ini.

Acara berlanjut dengan penyampaian Taushiyah Walimatus Safar oleh Dr. H. Muhammad Amin Qodri, SH, LL.M.

“Allah telah memanggil, telah mengabulkan doanya, dan memberikan kesabaran kepada bapak/ibu yang tahun ini bisa berangkat menunaikan ibadah haji. Bapak/ibu adalah orang-orang yang beruntung, karena keberangkatan haji itu membutuhkan waktu yang lama, jika sekarang mendaftar, 20-30 tahun ke depan baru bisa berangkat. Gunakan kesempatan di sana untuk memperbanyak ibadah.

Selain itu, terdapat perubahan dalam hal ibadah. Jika sebelumnya lebih banyak shalat di rumah, sepulang-nya dari tanah suci bisa sering ke masjid dan memperbanyak ibadah sunnah lainnya. Harapannya setelah kembali lagi ke tanah air, bapak/ibu bisa menjadi haji yang mabrur,” tutur beliau.

Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si., memberikan sambutan sebagai salah satu perwakilan jamaah haji dari Unja.

“Terima kasih Unja sudah mengadakan acara pelepasan ini. InsyaAllah tanggal 25 ini kami sudah masuk asrama haji. Mohon didoakan agar kami bisa menjalankan rukun haji dengan benar dan pulang dengan sehat. Mohon dimaafkan jika selama bergaul di Unja kami ada kekhilafan,” ujar beliau.

Terakhir, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M. Sc., Ph.D., memberikan pengarahan dan pelepasan mewakili Rektor Unja yang sedang berhalangan hadir.

“Kami mewakili Rektor ingin menyampaikan bahwa kesehatan bapak/ibu adalah nomor satu, jagalah kesehatan bapak/ibu menjelang keberangkatan, karena ibadah haji adalah ibadah fisik. Setelah sampai di sana pun jangan merasa tinggi dan sombong. Kami sebagai pimpinan berharap bapak/ibu bisa selamat pergi dan pulang kembali menjadi haji yang mabrur, jangan pikirkan tugas tambahan yang ada di Unja, fokuslah pada ibadah selama di sana,” ujar beliau

Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Unja yang berangkat melaksanakan ibadah haji tahun ini antara lain, Dr. Drs. Kamid, M.Si., Dr. Drs. Syaiful, M.Pd., Dr. Lizawati, S.P., M.Si., Dra. Yusfaneti, M.E., lr. Mukhsin, M.P., Filawati, S.Pt., M.P., dan Prima Audia Daniel, S.E, M.E.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022